Walau Pahit, Pare Mampu Menyembuhkan Batu Ginjal

Walau Pahit, Pare Mampu Menyembuhkan Batu Ginjal

Pare memang dikenal dengan rasa pahitnya. Sehingga tak banyak yang menjadikan sayuran ini menjadi makanan favorit. Namun dibalik banyaknya orang yang tidak menyukai rasanya, justru ada beberapa khasiat pare yang jarang diketahui untuk kesehatan, salah satunya adalah pare dapat menyembuhkan batu ginjal. Pare mengandung antioksidan, anti-inflamasi, dan berbagai nutrisi baik lainnya. Berbagai kandungan ini sangat baik dalam menyembuhkan batu ginjal.

Penyakit batu ginjal kerap ditandai dengan sulit buang air kecil, muntah, dan sakit di perut atau punggung. Sebagian besar batu ginjal terdiri dari kalsium oksalat dan kalsium fosfat. Dengan mengkonsumsi pare dapat menekan resiko Anda terkena batu ginjal. Bahkan mampu menghilangkan batu ginjal tanpa efek samping. Batu ginjal bisa muncul akibat faktor genetik. Biasanya pria yang berusia 20 sampai 50 tahun, wanita hamil, dan tubuh yang sering dehidrasi juga rentan terserang batu ginjal.

Untuk menurunkan resiko tersebut, dianjurkan untuk mengkonsumsi pare. Dalam pare terkandung cukup vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. perlu diketahui bahwa penderita batu ginjal rentan dengan vitamin C. mengkonsumsi suplemen vitamin C terlalu banyak malah akan meningkatkan resiko batu ginjal kalsium oksalat. Berbeda jika sumber vitamin C yang berasal dari pare atau makanan lain yang tidak menimbulkan resiko batu ginjal. Resiko batu ginjal akan meningkat jika Anda mengkonsumsi vitamin C lebih dari 1000 mg per hari yang berasal dari suplemen.

Selain dapat menyembuhkan batu ginjal, mengkonsumsi pare juga memberikan manfaat luar biasa bagi pencernaan. Rasa pahit dari sayuran ini mampu menstimulasi sekresi lendir yang akhirnya bisa membuat keseimbangan asam di dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga mencegah datangnya tukak lambung. Selain itu, manfaat lainnya juga sebagai makanan yang dapat membantu memperlancar buang air besar atau BAB dengan mudah karena mengandung sifat serat. Makanan yang dicerna dan limbah dibuang dari tubuh dan membantu menyembuhkan masalah pencernaan dan sembelit. Karena bersifat serat, khasiat pare juga mampu membuat Anda kenyang dengan lebih cepat sehingga Anda pun akan terhindari dari konsumsi makanan terlalu banyak yang bisa memicu kenaikan berat badan.