Tips Tetap Tenang Saat Hamil

Tips Tetap Tenang Saat Hamil dengan Memahami Dua Hal Berikut

Dalam fase kehamilan seorang ibu hamil perlu berhati-hati dalam menjalani aktivitas sehari-harinya. Sebab, fase kehamilan merupakan hal yang menentukan bagi seorang ibu dan juga bagi janin yang ada didalam kandungannya. Disamping memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari seperti yang dijelaskan di link berikut https://www.guesehat.com/kebutuhan-kalsium-ibu-hamil ibu hamil juga perlu memperhatikan beberapa hal seputar kehamilan yang sangat penting. Berikut ini beberapa diantaranya.

Jadwal periksa kehamilan

Saat Anda telah mengetahui bahwa Anda tengah mengandung, maka jangan lengah atau menyepelekan kondisi kehamilan Anda. Diperlukan proses pemeriksaan kehamilan secara rutin dengan berkunjung ke dokter atau ke bidan. Hal ini bertujuan untuk memantau seberapa baik tumbuh kembang janin serta kondisi kehamilan yang dialami oleh sang ibu.

Pemeriksaan kehamilan dapat ditentukan jadwalnya berdasarkan usia kehamilan. Untuk usia kehamilan 4-28 minggu, pemeriksaan bisa dilakukan satu kali setiap bulannya. Sementara itu, usia kehamilan 28-36 minggu atau trimester kedua perlu melakukan control sebanyak 2 minggu sekali. Usia kehamilan 36-40 minggu, perlu melakukan pemeriksaan sebanyak satu minggu sekali. Jadwal tersebut berlaku jika kondisi fisik Anda bugar atau tidak memiliki riwayat keguguran, komplikasi, usia 35 tahun kebawah dan tidak menderita penyakit tertentu. Jika mengalami hal-hal tersebut, upayakan untuk melakukan pemeriksaan lebih sering.

Tips mengatasi morning sickness

Salah satu kondisi tidak nyaman yang akan dirasakan oleh setiap ibu hamil adalah mual atau muntah. Kondisi ini biasanya umum dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama kehamilannya. Kondisi ini tidak bisa diobati dengan menghilangkan mualnya secara total. Hanya saja, ada beberapa tips untuk mengatasi morning sickness agar tidak menjadi semakin parah. Berikut ini beberapa diantaranya :

  • Jangan makan berlebihan, atur porsi lebih kecil namun sering
  • Konsumsi makanan yang mudah dicerna dan rendah lemak
  • Perbanyak minum air mineral
  • Minum jahe hangat agar tubuh terasa hangat dan meredakan mual
  • Jangan ragu untuk ngemil, dan pilihlah camilan yang sehat

Itulah dua hal yang perlu diketahui oleh ibu hamil agar lebih tenang saat hamil. Disamping itu, selalu rutinlah membaca info kesehatan terkini dari guesehat.com agar lebih tenang dalam kehamilan. Semoga bemanfaat.