Tips Keamanan Pangan untuk Keluarga

Tips Keamanan Pangan untuk Keluarga

Memberikan makanan yang sehat dan bergizi merupakan hal yang wajib dilakukan oleh kita untuk memastikan anggota keluarga  telah mendapatkan gizi seimbang dan juga berkualitas. Keamanan Pangan (Food Safety) untuk keluarga adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan di tengah pendemi seperti ini. Dengan mengkonsumsi makanan yang sudah terjamin kebersihannya, kita akan merasakan manfaat yang lebih maksimal.

Dalam masa pandemi seperti ini, kita tidak cukup hanya mengkonsumsi makan yang hanya membuat kita merasa kenyang saja, akan tetapi wajib memperhatikan nilai gizinya. Memberikan makanan dengan kandungan gizi yang cukup dapat membantu meningkatkan imun tubuh.

Tidak jarang penyakit datang dari beberapa makanan yang diolah atau disajikan dengan kurang baik, maka kita perlu lebih memperhatikan makanan yang akan kita sajikan kepada keluarga kita. Lalu apa saja yang perlu kita perhatikan mengenai hal ini?berikut beberapa tips menjaga keamanan pangan untuk keluarga yang bisa kita ikuti

4 Tips Keamanan Pangan Keluarga

1. Membersihkan Bahan Makanan

Hal yang paling penting dalam proses mengolah makanan yaitu dalam menjaga kebersihannya. Kebersihan dan higienitas makanan wajib dijaga agar tidak terjadi kontaminasi pada bahan makanan yang akan kita olah.

Sebelum kita mengolah makanan, pastikan kita telah mencuci semua bahan makanan yang akan kita olah menggunakan air mengalir, hal ini untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang tertempel pada bahan makanan. Beberapa bahan makanan seperti sayuran ketika masih ditanam mungkin pernah disemprot dengan pestisida, jadi wajib bagi kita mencucinya sebelum mulai memasak.

2. Memisahkan Bahan Makanan

Kita perlu menghindari menyimpan bahan makanan yang masih mentah dan yang sudah matang secara bersamaan dalam satu wadah atau tempat. Jika makanan mentah dan makanan matang disimpan dalam satu tempat yang sama, mungkin akan timbul resiko kontaminasi silang.

Bahan makanan yang masih mentah seperti daging mengandung banyak kuman dan bakteri, kuman tersebut bisa berpindah ke makanan yang lain jika disimpan dalam tempat yang sama. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan tempat atau wadah makanan sesudah dipakai dan akan dipakai lagi menyimpan makanan yang baru.

3. Memasak Makanan dengan Baik dan Benar

Dalam proses memasak suatu makanan kita harus melakukannya dengan baik agar keamanan pangan dapat terjaga. Beberapa jenis makanan harus dimasak dengan waktu dan suhu yang tepat agar virus dan bakteri yang terbawa dalam makanan tersebut mati.

4. Menyimpan Makanan di Tempat yang Baik

Kita perlu memperhatikan dengan seksama mengenai penyimpanan makanan. Jika kita menyimpan makanan di dalam kulkas, maka kita perlu memperhatikan kebersihan dan juga suhu kulkas yang kita punya. Pastikan suhu kulkas tidak lebih dari 5 derajat celcius, karena dalam suhu ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada makanan yang kita simpan.

Keamanan Pangan (Food Safety) perlu kita perhatikan dengan seksama, agar keluarga kita selalu dalam kondisi sehat dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit. Berikut ini tautan untuk mengetahui berbagai tips lainya mengenai Keamana Pangan  http://www.sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/inspirasi-kesehatan/sudahkah-keamanan-pangan-keluarga-ibu-terjaga.htm dan temukan informasi yang bermanfaat bagi kita dan keluarga.