Tips Jual Beli Mobil Toyota Bekas Aman dan Nyaman

Tips Jual Beli Mobil Toyota Bekas Aman dan Nyaman

Jual beli mobil bekas yang bisa terjamin keamanan dan kenyamanannya tidak bisa dibilang mudah. Anda harus memastikan kelengkapan surat-surat mobil dan juga memiliki pengetahuan mengenai mobil yang akan Anda jual. Berikut tips jual beli mobil yang aman dan nyaman.

Kondisi Mobil Terawat

Pastikan mobil yang akan Anda jual maupun beli dalam kondisi yang layak jalan dan aman digunakan. Mobil yang memiliki buku servis resmi terisi memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil yang dirawat di bengkel umum. Walaupun Anda sama-sama menyimpan bukti kuitansi.

Dokumen Mobil Lengkap

Jika Anda ada;ah penjual persiapkan surat-surat mobil seperti BPKB, STNK, dan faktur. Dokumen mobil tersebut harus lengkap agar pembeli yakin mobil yang dibelinya bukan mobil “bodong” atau mobil curian.

Biasanya ada pembeli yang mengajak untuk mengecek secara fisik dokumen tersebut di kantor Samsat ataupun Polda. Sebaiknya jangan Anda tolak karena ini merupakan kesempatan Anda untuk memperkuat nilai tawar mobil melalui bukti keaslian mobil.

Perhatikan Jatuh Tempo Pajak

Faktor lain yang akan mempengaruhi nilai jual mobil adalah panjang atau pendeknya masa jatuh tempo dari nomor polisi mobil tersebut. Jika masa jatuh tempo masih panjang, maka negosiasi harga tidak akan mengalami kendala.

Namun, jika masa berlaku pajak kendaraan Anda sudah hampir habis apalagi sampai mati biasanya harga jual mobil menjadi turun. Hal ini karena calon pembeli akan memerlukan biaya lebih untuk memulihkan kembali legalitas mobil yang dibeli.

Apabila mobil yang Anda jual sudah hampir jatuh tempo pembayaran pajak, ada solusi agar harga mobil tidak terlalu turun. Solusi tersebut adalah Anda bisa membiarkan pajak mobil tetap berjalan di atas nama Anda hingga jatuh tempo berikutnya. Daripada Anda meminta pembeli untuk segera membalik nama STNK.

Pasarkan di Media Terpercaya

Anda bisa memasarkan mobil Anda melalui keluarga dan teman dekat terlebih dahulu, baik melalui jalur komunikasi pribadi maupun media sosial. Kemudian Anda bisa mengunggah ke situs jual beli mobil daring yang saat ini mudah Anda temukan.

Sebelum mengunggah di media sosial maupun situs daring, sebaiknya siapkan terlebih dahulu foto mobil dari berbagai sudut baik eksterior maupun interior. Jangan lupa Anda juga harus menyertakan deskripsi mengenai spesifikasi mobil Anda.

Jujur dengan Kondisi Mobil

Jujur mengenai kondisi mobil yang akan Anda jual sangatlah penting. Jangan sampai pembeli menemukan titik lemah dari mobil yang akan Anda jual karena Anda tidak jujur sedari awal. Jujur mengenai keadaan mobil justru akan menambah nilai positif bagi Anda.

Biasanya jika mobil dalam keadaan lecet kecil, pembeli tidak akan masalah karena mobil justru menjadi lebih orisinil. Namun jika ada lecet yang tebal, Anda perlu untuk memperbaiki terlebih dahulu. Setelah itu, pembeli bisa membuat pilihan akan tetap membeli atau tidak, yang terpenting Anda sudah jujur sedari awal.

Pasang Harga Sesuai Pasaran dan Kondisi

Ketika Anda menjual mobil adalah hal yang wajar jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari transaksi tersebut. Namun Anda tidak bisa memasang harga tanpa melihat harga di pasaran. Tips sederhana yang bisa Anda lakukan adalah melihat harga tertinggi dan terendah di situs jual beli mobil, kemudian Anda bisa mengambil harga rata-rata.

Dampingi Pemebeli ketika Ingin Test Drive

Ketika calon pembeli ingin melakukan test drive, sebaiknya Anda tidak melepas calon pembeli begitu saja. Saat melakukan test sebaiknya Anda memisahkkan STNK dan dokumen lainnya dari mobil untuk mencegah hal yang tidak Anda inginkan.

Itulah tips jual beli mobil toyota bekas yang bisa Anda lakukan. Pastikan juga Anda telah membersihkan mobil, baik bagian luar maupun dalam sebelum Anda menjual mobil tersebut agar pembeli juga lebih senang ketika melihat kondisi fisik mobil.