Tips Atur THR dengan Bijaksana

Tips Atur THR dengan Bijaksana

Pinjam uang saat Lebaran rasanya agak aneh, apalagi jika kamu baru saja menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Nah, supaya tidak boros sebelum Lebaran, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui atur THR dengan bijak.

Pengeluaran saat Lebaran umumnya meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Untuk itulah perlu perencanaan yang baik agar THR kamu tidak hanya sekadar lewat begitu saja. Biar manfaat THR benar-benar bisa kamu rasakan, berikut ini adalah beberapa tips atur THR dengan bijaksana.

Dahulukan untuk Membayar Utang

Ketika memiliki rezeki lebih, ingatlah selalu dengan kewajiban. Prioritas utama saat mendapatkan THR adalah membayar utang. Entah itu utang pada keluarga, saudara atau utang-utang lain yang harus segera diselesaikan.

Konsekuensi pinjam uang cukup sederhana, yaitu dibayarkan saat ada uang. Apapun kebutuhannya, membayar utang lebih diutamakan daripada ditunda-tunda sehingga orang yang meminjamkan pun akan dengan ringan tangan membantu kita kembali saat kita kesulitan.

Pisahkan untuk Investasi

Seiring dengan meningkatnya kesadaran finansial tak sedikit generasi milenial yang mulai sadar untuk berinvestasi. Setelah membayar utang, langkah selanjutnya adalah mengalokasikan THR untuk investasi.

Ada berbagai macam pilihan investasi, mulai dari emas, saham, hingga reksadana. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Seperti reksadana dan saham, sangat cocok untuk investasi jangka panjang. Sementara investasi emas cocok untuk investasi jangka pendek karena kapanpun dibutuhkan bisa dijual kembali dengan mudah.

Alokasikan untuk Kebutuhan Lebaran dengan Bijaksana

Beberapa kebutuhan Lebaran ada baiknya tidak diambil dari belanja bulanan. Pengeluaran Lebaran seperti membeli baju lebaran, menyiapkan hidangan lebaran, sampai membagi-bagikan THR kepada keponakan atau mereka yang membutuhkan bisa dialokasikan dari THR yang kamu dapatkan.

Begitu juga jika kamu pulang kampung. THR Lebaran bisa digunakan untuk membeli tiket mudik Lebaran sekaligus ongkos selama berada di kampung halaman. Pergunakan dengan bijak THR Lebaran untuk kebutuhan saat Hari Raya.

Ingat Proteksi Saat Lebaran

Tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Itulah fungsi proteksi yang kamu butuhkan saat mudik Lebaran. Kesadaran tentang proteksi ini memang masih rendah. Sedangkan bagi yang sudah melek secara finansial, proteksi justru menjadi sebuah keharusan untuk mengurangi risiko kerugian finansial di masa depan.

Ada beberapa proteksi yang bisa kamu prioritaskan jelang Lebaran. Utamanya adalah proteksi kesehatan dan proteksi perjalanan. Dengan begitu, saat kamu sakit di kampung halaman, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan pos anggaran dari THR Lebaran. Asuransi yang kamu beli akan memberikan layanan kesehatan hingga kamu sembuh dan bisa kembali bekerja ke ibu kota.

Dana Darurat Jangan Dilupakan

Selain menyisihkan dana THR untuk membayar utang dan investasi, lebih bijak lagi jika sudah menyisihkan dana darurat. Apalagi jika kamu sudah berkeluarga. Penting untuk memiliki simpanan darurat agar bisa digunakan saat dibutuhkan.

Beberapa orang kerap terjebak lagi dengan pola yang sama karena kurang persiapan jelang Lebaran. THR yang seharusnya bisa diatur untuk memenuhi berbagai kebutuhan kerap kali lepas begitu saja untuk memenuhi keinginan dan gaya hidup.

Ujung-ujungnya justru malah jadi pinjam uang lagi pada teman atau kerabat. Meminjam dana untuk kebutuhan darurat sebetulnya tidak salah. Tetapi saat Lebaran sepertinya agak susah jika harus kembali lagi mengandalkan orang lain.

Biar lebih leluasa, kamu pun bisa memanfaatkan pinjaman tunai dari fintech tepercaya seperti Kredivo. Tapi, perlu diingat bahwa pinjam uang lewat fintech baiknya bukan untuk kebutuhan konsumtif.

Kredivo punya dua fitur pinjaman yaitu pinjaman jumbo dan pinjaman mini. Bunganya hanya 2,95% saja per bulan. Jika dibandingkan dengan perusahaan non bank lain, bunga Kredivo 50% lebih rendah. Itulah mengapa kamu juga harus selektif memilih fintech, pasalnya ada fintech yang hanya berupaya menarik keuntungan semata dengan membebankan bunga hingga 1% per hari. Bisa kamu hitung sendiri berapa bunga yang harus kamu bayar di akhir bulan.

Enaknya lagi, Kredivo adalah aplikasi serba lengkap yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mulai dari belanja online, pembayaran berbagai macam tagihan hingga pembelian tiket pesawat dengan cara dicicil.

Itulah beberapa tips atur THR dengan bijaksana jelang Lebaran. Jika mendesak harus pinjam uang. Pilih fintech yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan RI seperti Kredivo. Download sekarang aplikasinya di Google Play Store maupun App Store.