Tips Anti Mogok Suzuki Ertiga

Tips Anti Mogok Suzuki Ertiga

Mobil mogok saat sedang ataupun akan dikendarai tentunya memberikan kerugian yang besar. Walaupun mobil Anda mempunyai kualitas terbaik seperti misalnya Suzuki Ertiga,  bila sudah mogok pastinya akan menghambat kegiatan Anda. Beberapa penyebab dari mogoknya mobil yang dipunyai tersebut adalah aki Suzuki Ertiga yang tidak pernah diganti ataupun dirawat,  oli yang tidak pernah diganti,  masalah komputer mobil (ECU) dan masih banyak lagi.  Untuk itulah diperoleh adanya tips ampuh untuk mencegah alias anti mogok pada Suzuki Ertiga yang dipunyai. Dijamin dengan tips ini Anda bisa mengendarai mobil Suzuki Ertiga dengan nyaman dan baik tanpa harus khawatir dan takut mogok. Tips  anti mogok pada mobil Suzuki Ertiga ini sangatlah berguna terutama saat mudik nantinya dimana tidak dapat dipungkiri perjalanan yang ditempuh lama dan sering terjadi macet.

Berbagai tips dalam mencegah mogok pada mobil Suzuki Ertiga ini begitu mudah dan pastinya bisa dilakukan seluruh pengguna mobil tersebut. Adapun berbagai tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan Pergantian Oli Secara Berkala

Tips pertama  anti mogok mobil Suzuki Ertiga yang dipunyai adalah melakukan pergantian oli secara berkala.  Oli merupakan salah satu komponen utama dalam performa mobil yang mampu mencegah mogok pada mobil. Tugasnya adalah sebagai pendingin, pelumas, membersihkan kotoran mesin dan mencegah terjadinya aus pada komponen. Tentunya melihat fungsi dari oli pada Suzuki Ertiga ini sangatlah penting sehingga tidak boleh Anda lupakan pergantian secara rutih terutama untuk mencegah mogok saat digunakan.  Perlu dingat bahwa walaupun mobil Suzuki Ertiga ini jarang digunakan tetap harus diganti olinya secara berkala.  Pasalnya tetap ada proses pengendapan dan oksidasi sehingga oli menjadi tidak layak alias tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

  1. Lakukan Service Rutin

Service-lah mobil Suzuki Ertiga yang Anda punyai secara rutin sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Alasannya pada saat Anda melakukan service, seluruh mobil akan dicek dan apabila ditemukan ada kerusakan akan segera teratasi. Mulai dari kondisi ban, kondisi aki Suzuki Ertiga hingga kondisi mesin akan di cek secara seksama. Dengan begitu performa pada mobil Suzuki Ertiga akan mampu semakin baik sehingga secara otomatis terhindar dari macet ketiga digunakan.

  1. Mengecek Kondisi Radiator Sebelum Mobil Digunakan

Sebelum mobil Suzuki Ertiga gunakan, silahkan secara rutin cek kondisi radiator yang dipunyai. Anda harus mengetahui bahwa radiator pada Suzuki Ertiga ini peranannya begitu penting karena mampu menjaga suhu mesin tidak terlalu panas alias tetap dalam kondisi stablil. Apabila  kondisi radiator Suzuki Ertiga tidak baik maka yang terjadi adanya overheating dan mampu menimbulkan kerusakan fatal tidak hanya  sekedar  mogok saja.  Penting bagi Anda untuk cek kondisi air radiator dan ceklah apakah terjadi kebocoran atau tidak.

  1. Memastikan Kondisi Aki Masih Baik

Aki pada Suzuki Ertiga  merupakan salah satu komponen yang bila kondisinya tidak baik  mampu menjadi penyebab utama mogok.  Bagaimana tidak, keberadaan aki pada mobil Suzuki Ertiga ini sangatlah penting. Bila digambarkan, aki seperti otaknya pada mobil Suzuki Ertiga yang dipunyai. Untuk itulah pastikan kondisi aki yang dipunyai masih baik. Bila ternyata sudah tidak baik maka Anda harus mengantinya dengan aki baru. Pilihlah pula aki yang terbaik agar lebih awet dan lebih terjaga kondisinya.

  1. Memeriksa Kondisi Karburator

Kebanyakan mobil, termasuk tentunya Suzuki Ertiga sering mogok karena karburatornya bermasalah.  Penyebab dari bermasalahnya karburator ini umumnya karena terlalu sedikitnya bahan bakar yang diisikan ke mobil sehingga tidak sempurnanya proses pembakaran yang terjadi.  Nah, untuk mengecek bagaimana kondisi karburator pada Suzuki Ertiga, cukup dengan mempelajari cara kerja karburator tersebut pada mobil yang dipunyai.  Cara lain yang bisa dilakukan adalah melepaskan selang yang terdapat pada karburator lalu meletakkan dalam botol.

Demikianlah itu tadi merupakan beberapa tips anti mogok pada mobil Suzuki Ertiga yang Anda punyai. Silahkan cemati dan lakukan seluruh tips yang telah dijelaskan dengan baik ini. Dijamin Anda tidak akan menyesal ataupun merugi sedikitpun ketika melakukan kelima tips mencegah mobil Suzuki Ertiga mogok yang telah dijelaskan tersebut.