Suka Gambar Batik? Kenali Trend Motif Batik yang Populer di Indonesia

Suka Gambar Batik? Kenali Trend Motif Batik yang Populer di Indonesia

Ya seperti yang sudah diketahui, batik Indonesia merupakan situs warisan dunia. Batik merupakan seni lukis di atas media kamin bergambar dan memiliki corak. Corak seni lukis yang satu ini juga tergolong unik dan beragam. Bahkan ada sekitar 30 corak batik yang tersebar di Nusantara. Apa Anda juga suka gambar batik? Kenali dulu trend motif batik yang populer di Indonesia.

Motif Batik Pekalongan

Dijuluki sebagai kota batik, Pekalongan juga memiliki motif batik yang paling terkenal di antara gambar batik yang lainnya. Letak kota Pekalongan yang cukup strategis membuat motif oleh motif luar yang datang karena faktor perdagangan. Motif batik yang paling terkenal dari Pekalongan ini didominasi oleh corak fauna dan tumbuh-tumbuhan.

Motif Batik Mega Mendung Cirebon

Motif batik yang satu ini merupakan corak batik yang paling diminati masyarakat. Mengapa? Sebab batik yang satu ini memiliki motif dan corak yang khas. Bahkan menjadi ikon motif batik di Cirebon. Motif mega mendung itu sendiri dipenuhi dengan corak berbentuk awan yang dilengkapi dengan warna gelap seperti ungu, biru tua, merah tua, dan warna gelap lainnya.

Motif Batik Solo

Salah satu ciri khas motif batik dari Solo adalah didominasi dengan warna kecokelatan. Untuk batik Solo sendiri masih menggunakan konsep pembuatan yang tradisional dengan menggunakan bahan pewarna alami. Salah satu corak yang paling terkenal dari batik Solo adalah coretan gelombang sungai Bengawan Solo yang sejuk dipandang.

Motif Batik Sekar Jagad Yogyakarta

Apa Anda ingin memiliki motif batik yang Indonesia banger? Jika iya, sangat disarankan bagi Anda untuk memilih motif batik sekar jagad dari Yogyakarta. Ternyata motif batik yang satu ini memiliki filosofi untuk tersendiri yang artinya peta dunia. Mengapa bisa demikian? Pasalnya motif ini berbentuk seperti pulau yang bermakna keindahan yang mampu membuat orang terpesona.

Motif Batik Keraton

Jika melihat dari sejarahnya, motif batik keraton ini terbilang cukup eksklusif. Pasalnya dulu motif batik ini hanya boleh digunakan oleh sultan dan keluarga kerajaan saja. Hal ini dikarenakan penemunya adalah seorang putri keraton Yogyakarta. Namun seiring berjalannya waktu motif batik ini dapat digunakan oleh siapa saja, bahkan banyak yang sudah dimodifikasi.

Motif Batik Kawung

Pernahkah Anda mendapat tugas dari guru untuk menggambar batik? Batik kawung tentunya merupakan motif batik yang paling sering digambar. Ternyata motif batik yang satu ini merupakan motif batik tertua di Indonesia. Dahulu batik ini hanya boleh digunakan oleh raja dan permaisuri saja. Motifnya sendiri menyerupai buah kawung atau yang lebih dikenal dengan buah aren.

Motif Batik Jepara

Motif batik Jepara sendiri ternyata memiliki dua jenis yaitu motif batik lama dan baru. Untuk motif batik lama sendiri lebih didominasi dengan warna lung hitam dan gajah cokelat yang menggunakan motif flora dan fauna. Sedangkan untuk motif batik yang baru sendiri sudah memiliki banyak variasi. Batik asal Jepara juga dikenal dengan sebutan batik Kartini.

Motif Batik Sidomukti Magetan

Motif batik asal Sidomukti Magetan ini memiliki ciri khas tersendiri pada pola dan coraknya. Pada umumnya motif batik Sidomukti Magetan ini bergambar dasar bambu. Filosofinya juga cukup unik. Motif batik yang satu ini bermakna untuk mendapatkan ketentraman lahir dan batin.

Itulah beberapa motif batik yang cukup populer di Indonesia. Jangan mengaku cinta Indonesia jika belum tahu corak batik yang terkenal di Indonesia. Apa Anda juga memiliki hobi gambar batik? Jika iya, motif batik di atas bisa Anda jadikan referensi untuk membuat motif batik yang terkesan lebih modern.