Plus-Minus Menggunakan Software Payroll

Plus-Minus Menggunakan Software Payroll

Teknologi berkembang seiring dengan berkembangnya kebutuhan-kebutuhan inti berbagai pihak, baik untuk pemenuhan kebutuhan personal maupun kebutuhan perusahaan. Pada bidang Human Resource, teknologi bukan lagi hal baru dalam membantu mengembangkan sebuah tools yang bertujuan untuk kemudahaan atau mengefektifkan waktu kerja. Seperti software HR yang sengaja di kembangkan untuk membantu tim SDM dalam mengelola data karyawan dari sebuah perusahaan.

Khususnya pada perusahaan-perusahaan menengah ke atas yang biasanya memiliki karyawan lebih dari 1000 orang dalam berbagai divisi atau unit yang ke semuanya harus dapat di manajemen dengan baik untuk dapat menghasilkan performa yang baik pula. Mulai dari data karyawan sampai proses pembayaran gaji dengan sistem payroll yang sudah disesuaikan dengan peraturan perusahaan dapat diintegrasikan dan dikerjakan secara otomatis oleh software HR.

Salah satu software yang cukup berguna dan patut Anda pertimbangkan untuk bisa digunakan dan diimplementasikan pada perusahaan Anda adalah software payroll, karena seperti yang diketahui bahwa proses payroll melibatkan banyak unsur seperti gaji pokok, perhitungan kehadiran, denda karyawan, maupun benefit lain seperti uang lembur yang harus diterima karyawan merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan karena berkaitan dengan kesejahteraan dan hak yang harus didapatkan karyawan dari perusahaan.

Dapat dibayangkan proses payroll yang dilakukan secara manual akan memakan banyak waktu dan menjadikan pekerjaan tim SDM Anda menjadi tidak efektif,  apalagi proses payroll merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap bulannya dan setiap karyawan memiliki jumlah Take Home Pay yang berbeda-beda. Dengan fitur-fitur yang dimiliki software payroll, tim SDM pada perusahaan Anda akan lebih mudah mengerjakan proses payroll itu sendiri dan dapat mengefisienkan waktu dengan lebih baik.

Namun seperti hal lainnya, software payroll juga memiliki kelebihan dan kelemahan yang menyertainya. Agar lebih memudahkan Anda menentukan apakah akan menggunakan software payroll atau tidak pada perusahaan Anda, pada artikel kali ini akan dijabarkan plus dan minus dari penggunaan software payroll pada bisnis atau perusahaan Anda.

Nilai Plus Menggunakan Software Payroll

Pertama-tama yang akan dibahas adalah nilai-nilai ‘Plus’ yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan software payroll seperti efisiensi tenaga kerja, efisiensi waktu dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang dapat Anda rasakan langsung keuntungannya jika menggunakan software payroll.

a. Efisiensi Tenaga Kerja

Jika biasanya pada tim SDM sebuah perusahaan diperlukan setidaknya 4 sampai 5 orang di dalam tim payroll untuk dapat mengelola maupun menangani proses payroll, dengan software payroll Anda dapat mengefisiensikan tenaga kerja pada perusahan Anda. Dengan menggunakan software payroll, perhitungan yang sudah terstandarisasi dengan sistem akan dilakukan secara otomatis. Hal ini juga dapat meminimalisir kemungkinan kesalahan yang mungkin terjadi karena human error jika perhitungannya dilakukan secara manual.

Jadi selagi software payroll melakukan perhitungan secara otomatis untuk mendapatkan data yang akurat dan lengkap, tim SDM Anda dapat menangani hal lainnya seperti menganalisis kebutuhan-kebutuhan lain yang mungkin dibutuhkan oleh karyawan pada perusahaan Anda.

b. Efisiensi Waktu

Selain dapat melakukan efisiensi pada jumlah tenaga kerja dan meminimalisir kemungkinan kesalahan yang terjadi jika proses payroll dilakukan secara manual, penggunaan software payroll pada tim SDM perusahaan Anda dapat juga memberikan manfaat berupa efisiensi waktu kerja.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa proses payroll sendiri terkait dengan berbagai unsur penting lainnya seperti data absensi, jumlah lembur karyawan dan belum lagi payslip yang harus dikeluarkan untuk setiap karyawan. Salah satu software payroll yang dapat membantu Anda dalam hal ini adalah Talenta, karena Talenta memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan semua data-data penting tersebut untuk kemudian digunakan sebagai perhitungan pada proses payroll setiap karyawan.

c. Dapat Disesuaikan Dengan Kebutuhan Perusahaan

Mungkin salah satu kekhawatiran Anda bila melakukan software payroll untuk perusahaan Anda adalah bahwa sistem yang sudah ada di software payroll tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Namun nyatanya hal ini tidak harus menjadi kekhawatiran Anda, karena beberapa software payroll memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Baca juga: Kesulitan dalam Menghitung Gaji Karyawan? Saatnya Menggunakan Software Payroll

Salah satu software payroll yang memiliki fitur tersebut adalah Talenta, di Talenta Anda akan menemukan fitur Manajemen Payroll. Fitur ini memungkinkan tim SDM Anda untuk melakukan perhitungan payroll secara otomatis karena data yang ada sudah terintegrasi dan Anda dapat menentukan mata uang apa yang menjadi satuan pada perusahaan Anda, selain itu Anda juga dapat menghitung benefit yang didapatkan setiap karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahan Anda.

Nilai Minus Menggunakan Software Payroll

Seperti juga hal lainnya, software payroll juga memiliki hal yang mungkin bisa dikatakan nilai ‘minus’ jika menggunakan software payroll tersebut. Seperti kebanyakan software payroll yang tersedia merupakan software berbayar yang harga software payroll tersebut tidak bisa dibilang murah sehingga Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk bisa menggunakannya, sedangkan mungkin Anda baru hanya ingin mencoba untuk bisa memahami proses kerja dari software payroll tersebut.

a. Software Payroll Berbayar

Beberapa harga software payroll Indonesia yang tersedia saat ini merupakan software berbayar yang artinya Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk bisa menggunakan software payroll tersebut, hal ini mungkin menjadi masalah khususnya bagi Anda yang baru mau mencoba software payroll tersebut.

Namun, hal ini dapat diatasi dengan kesempatan untuk dapat mencoba gratis software payroll yang Anda inginkan. Salah satu software payroll yang memberikan kesempatan mencoba ini adalah Talenta yang memberikan kesempatan kepada Anda untuk mencoba software payroll Talenta hanya dengan membuat akun demo pada website mereka.

Beberapa hal diatas merupakan ‘plus’ dan ‘minus’ yang ada pada software payroll, semoga dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam menentukan apakah akan mulai menggunakan software payroll pada perusahaan Anda.