Pilih Murah apa Hemat ?

Pilih Murah apa Hemat ?

Banyak orang yang memilih ac low watt agar mengurangi daya listrik yang akan mereka keluarkan.  Pada masa sekarang ini telah banyak produsen pembuat air conditioner yang mengedepankan prinsip hemat energy. Akan tetapi tidak semua brand yang beredar memiliki konsep tersebut. sering kali brand – brand tersebut hanya mengedepankan harga yang murah tetapi kualitas yang dimiliki jauh di bawah standart. Hal ini tentu akan memberikan efek jangka panjang pada para penggunanya. Sebuah brand membuat suatu alat berdasarkan pada mangsa pasar yang akan di kejar. Mangsa pasar yang akan mereka capai sangat mempengaruhi fitur – fitur yang akan dilengkapi dari sebuah alat.

Pada air conditioner atau ac mangsa pasar yang akan mereka tangkap berpengaruh penting pada proses pembuatan tersebut. Mangsa pasar yang sangat besar seperti kelas menengah ke bawah tentu menjadi sasaran empuk para produsen. Kelas menengah ke bawah biasanya akan membeli barang dengan harga yang relatif lebih murah. Harga murah ini tentu tidak selamanya memberikan fitur – fitur terbaik dan kualitas yang bisa dipertanggung jawabkan. Kualitas – kualitas tersebut pada dasarnya akan mempengaruhi harga jual dari ac itu sendiri. Pada masa yang lebih maju ini status sosial adalah suatu hal yang sangat dikejar oleh masyarakat. Masyarakat ingin diakui di golongan sosial tertentu.  Mereka membeli barang – barang mewah dengan harga yang relative rendah tanpa memikirkan konsekuensi akhir yanga kan mereka dapatkan.

Sebuah air conditioner memiliki beberapa fitur yang akan semakin mahal jika fitur tersebut semakin canggih. Salah satu fitur yang paling banyak pengaruhnya adalah fitur low watt atau fitur hemat energi pada ac. Fitur ini bertujuan untuk menghemat daya yang akan dihabiskan jika menggunakan ac. Penggunaan ac yang secara terus menerus tentu akan mempengaruhi penggunaan daya listrik itu sendiri. Sering kali orang mengabaikan hal tersebut karena tergiur harga yang murah. Ac yang memiliki harga murah biasanya akan memakan daya listrik lebih besar. Daya listrik yang lebih besar berpengaruh pada pengeluaran setiap bulan. Pengeluaran untuk penggunaan ac tentu akan menjadi lebih besar. Ac – ac murah ini tentu menjadi solusi kaum peningkat kelas sosial yang ingin terlihat sebanding dengan rekan – rekan mereka akan tetapi konsekuensi yang harus di hadapi adalah membengkaknya pengeluaran mereka setiap bulan.

Pada ac yang memiliki harga lebih tinggi terdapat beberapa fitur yang memungkinkan penggunaan daya listrik di tekan. Fitur – fitur dari teknologi yang canggih ini membuat penggunaan daya lebih rendah. Daya yang rendah diimbangi dengan kualitas ac yang juga terjamin. Kualitas tersebut bisa berupa bahan yang digunakan lebih aman dan juga fitur – fitur canggih lainnya yang dapat memudahkan kehidupan masyarakat. Harga ac yang lebih mahal ini tentu hanya akan dapat dinikmati oleh kalangan – kalangan tertentu saja. Kalangan – kalangan ini biasanya berasal dari kelas sosial menengah ke atas. Harga yang cukup tinggi membuat tidak banyak orang sanggup membeli ac jenis ini. Kelebihan dari ac jenis ini adalah penggunaan daya yang lebih rendah mampu menekan biaya listrik tiap bulannya. Biaya listrik ini tentu akan sangat membantu penghematan pengeluaran setiap bulan. Kemampuan fitur hemat energy ini membuat penggunaan daya listrik ac menjadi lebih rendah. Rendah sama dengan hemat, masyarakat hanya tinggal memilih hemat atau murah.

Hemat dan murah adalah definisi yang hampir sama. Kedua hal ini merupakan penekanan dari suatu biaya. Menekan biaya serendah mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hemat adalah penekanan pengeluaran dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan murah adalah hemat diawal akan tetapi sangat memberatkan di belakang. Mengeluarkan biaya lebih mahal di depan akan tetapi efek baiknya adalah penghematan pengeluaran hingga seterusnya atau memilih barang murah yang nantinya akan membuat pengeluaran tiap bulan membengkak. Masyarakat harus cermat dan teliti. Barng murah tidak tentu murahan akan tetapi barang dengan harga yang lebih tinggi tentu memiliki kualitas yang lebih terjamin. Lebih mahal di awal akan tetapi hemat pengeluaran tiap bulan akan jauh lebih bermanfaat daripada murah di awal tetapi  pengeluaran setiap bulan makin membesar.