Perkembangan Janin 30 Minggu dalam Perut Ibu

Perkembangan Janin 30 Minggu dalam Perut Ibu

Memasuki usia janin 30 minggu menandakan bahwa tidak lama lagi Anda akan berjumpa dengan si buah hati. Sudah tidak sabar rasanya menantikan kehadiran bayi dalam keluarga kecil Anda. Perut ibu hamil pada usia 30 minggu akan semakin membesar karena bentuk bayi sudah serupa dengan kol besar. Pada usia ini, sang bayi juga telah mencapai panjang sekitar 41 cm dan berat badan 1,4 kg. Selain ukuran dan berat bayi yang bertambah, kira-kira pada usia kandungan ini apalagi yang mengalami perkembangan?

Perkembangan Janin 30 Minggu yang Perlu Diketahui

Perkembangan Organ Internal Bayi

Bagian organ internal bayi akan mengalami perkembangan ketika memasuki usia janin 30 minggu. Beberapa organ internal yang berkembang meliputi otak, paru-paru, serta terbentuk dengan matangnya saluran pencernaan bayi.

Otak akan menampakkan lekukan dan kerutan lebih jelas. Selain itu, produksi sel darah merah sepenuhnya diambil alih oleh sumsum tulang bayi yang sebelumnya dilakukan oleh limpa dan kelompok jaringan.

Perkembangan Tubuh Ibu Hamil

Ada banyak gejala pada awal kehamilan yang datang kembali seperti setiap saat ingin buang air kecil. Keinginan untuk terus buang air kecil ini disebabkan oleh posisi kepala bayi menekan kandung kemih ibu karena berada di jalan keluar.

Selain perubahan pada perut, payudara ibu hamil juga akan semakin membesar. Payudara yang membesar disebabkan oleh produksi ASI. Pada usia kandungan ini, Anda juga akan mudah lelah dan mulas. Tidak perlu khawatir apabila tidak mengalami kejadian ini karena tidak semua ibu hamil mengalami gejala yang sama.

Suasana hati juga akan mudah berubah seperti pada awal kehamilan. Perubahan hormon memang membuat emosi menjadi tidak stabil. Ajak pasangan Anda berdiskusi apabila sedang resah. Apalagi menjelang persalinan, perasaan Anda akan semakin tegang dan timbul kekhawatiran yang berlebihan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Selama Masa Kehamilan

Saat memasuki usia kandungan 30 minggu ini mungkin Anda akan mengalami sesak nafas akibat pembesaran rahim yang menekan beberapa organ tubuh. Paru-paru termasuk organ tubuh yang turut tertekan. Apabila terasa mengganggu, periksalah ke dokter kandungan agar mendapatkan perawatan.

Dokter akan mengukur dan melakukan tes darah pada usia kandungan ini dan sekaligus bertanya mengenai keluhan yang dialami ataupun selama kehamilan apakah mengalami gejala aneh. Anda akan diminta untuk berkunjung setiap minggu untuk melakukan pemeriksaan ini. Apabila mempunyai keluhan dan mengalami gejala aneh, segeralah memeriksakan diri ke dokter kandungan meski belum waktunya kunjungan.

Usia janin 30 minggu memang mengalami perkembangan baik pada organ tubuh bayi maupun tubuh ibu hamil. Ketahui perkembangan janin Anda dengan memeriksakannya ke dokter kandungan pribadi. Semoga Anda dan si kecil selalu sehat dan proses persalinan nanti dilancarkan.