Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tepat

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tepat

Kamu pernah berdekatan dengan orang yang bau kaki atau kamu sendiri yang mengalaminya? Punya masalah bau pada kaki memang tidak membuat orang lain merasa nyaman di dekatnya, sehingga penderitanya juga tidak percaya diri buat berdekatan dengan orang lain. Karena itu, kalau kamu sedang mengalaminya, cepat-cepatlah mencari cara menghilangkan bau kaki agar tidak meresahkan orang di sekitarmu.

Penyebab Bau Kaki

Sebelum mencari tahu cara menghilangkannya, sebaiknya kamu juga harus tahu dulu penyebab-penyebabnya. Bau kaki disebabkan oleh kelenjar keringat di kaki lebih sensitif dan jumlahnya lebih banyak dibandingkan bagian badan lainnya.

Dalam kondisi normal, kelenjar keringat pada kaki berfungsi buat menjaga kelembaban kulit serta menjaga suhu dingin pada tubuh. Tapi kalau terlalu berlebihan, terutama pada kondisi tertentu, pastinya keringat yang keluar akan semakin banyak dan menyebabkan kaki menjadi cepat bau. Belum lagi kalau kamu melakukan kebiasaan yang tidak sehat yang memicu bau kakinya semakin bertambah parah.

Tips Menghilangkan Kaki Berbau Tidak Sedap

Tentu bau kaki yang tidak sedap membuat orang lain akan merasa tidak nyaman berdekatan dengan kita dan diri sendiri pun menjadi tidak percaya diri buat berdekatan dengan orang lain. Tapi tenang saja, ada banyak cara menghilangkan bau kaki yang bisa kamu lakukan dengan gampang di rumah. Tidak usah repot-repot datang ke dokter, karena cara-cara di bawah ini efektif menghilangkan bau kaki yang tidak sedap.

  1. Rendam air garam

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu merendam kakimu di air garam. Air yang diberi garam memang dipercaya buat berbagai macam manfaat, seperti memberikan relaksasi pada kaki, meredakan eksim, sampai mengurangi bau tidak sedap pada kaki.

Caranya, masukan garam sebanyak setengah gelas ke dalam baskom yang sudah diberikan air hangat sebanyak 4 gelas. Lalu, rendam kaki kamu selama kurang lebih 30 menit. Lakukan setiap hari sampai bau kaki kamu hilang. Tapi, hindari menggunakan air yang terlalu panas karena justru membuat kakimu menjadi lebih gampang kering.

  1. Rendam air lemon

Rendaman air lemon juga memberikan efek yang ampuh buat menghilangkan bau kaki. Dengan sifatnya yang anti bakteri, tidak heran air lemon bisa membasmi bakteri yang menjadi penyebab kaki bau. Caranya gampang banget yaitu kamu hanya masukan air hangat ke dalam baskom dan berikan perasan air lemon sebanyak 6 buah. Setelah itu, rendam kakimu kurang lebih selama 20 menit.

  1. Rendam air baking soda

Baking soda sudah dipercaya banyak ahli kesehatan buat mengatasi segala masalah kesehatan, termasuk masalah bau kaki. Caranya juga sama gampangnya dengan 2 cara sebelumnya yaitu masukan 1/4 gelas baking soda ke dalam air hangat secukupnya. Rendam kakimu selama 20 menit setiap harinya. Agar bisa memberikan aroma yang menyegarkan, tidak ada salahnya kamu tambahkan juga perasan air lemon ke dalam airnya.

  1. Rendam air teh hitam

Teh hitam mengandung asam tanat yang berfungsi membunuh bakteri yang menjadi penyebab kaki kamu bau tidak sedap. Kamu bisa merendam kaki kamu ke dalam seduhan air teh hitam setiap harinya. Caranya seduh 2 kantong teh pada wadah yang sudah diberi 2 gelas air. Lalu, tambahkan lagi air 2 liter kalau sari tehnya sudah keluar semua. Setelah itu baru masukan kakimu ke dalam air itu selama 30 menit.

Menghilangkan bau kaki harus kamu lakukan dengan segera agar masalah pada bau kaki kamu tidak terus menerus mengganggu kenyamanan orang lain. Kamu juga bisa tampil lebih percaya diri tanpa mengkhawatirkan bau tidak sedap pada kakimu.