Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Food plating adalah proses dalam mengatur dan mendekorasi makanan agar hidangan terlihat lebih menarik.

Kenapa Food Plating Itu Penting?

Bagi para koki, manfaat food plating adalah agar tampilan hidangan terlihat lebih kreatif dan juga untuk membangun ciri khas makanan dari sebuah restoran.

Selain alasan estetika, food plating yang baik juga dapat membangun kepercayaan konsumen atas kualitas makanan yang disajikan dan meningkatkan kelas restoran tersebut. Nah, kalau kelas restorannya tinggi, harga makanan yang ditawarkan pun juga bisa menjadi lebih tinggi.

Food Plating dan Food Photography

Baik food plating maupun food photography, mereka sama-sama bermain dengan visual. Maka dari itu, untuk membuat sebuah iklan yang berupa foto makanan, kamu membutuhkan hidangan yang berpenampilan menarik.

Lalu, apa saja komponen yang harus disiapkan sebelum plating?

Berikut adalah beberapa komponen penting dari plating:

  • Jenis piring, usahakan untuk memilih bentuk dan motif piring yang sesuai dengan bahan dasar makanan sehingga secara visual, foto makanan akan nampak dinamis dan serasi.
  • Susunan alat-alat makan, pertimbangkan jumlah alat makan dan posisinya di dalam satu frame. Usahakan untuk nampak seimbang agar tidak terlihat penuh atau tumpang tindih.
  • Garnishadalah bahan makanan atau benda lainnya yang digunakan sebagai hiasan yang menyertai hidangan makanan atau minuman yang disajikan. Garnish ini memiliki pengaruh yang cukup besar karena dapat meningkatkan daya tarik makanan.
  • Warna makanan, walau dapat dimanipulasi di proses editing tapi sebaiknya kamu juga mempetimbangkannya dari awal pemotretan. Misalnya kamu ingin mengambil foto steak, kamu harus memperhatikan tingkat kematangan dari daging steak Mengapa? Karena tingkat kematangan ini yang menentukan warna dari steak dan setiap tingkat kematangannya akan berpengaruh dengan estetika foto makanan.

Referensi Food Plating untuk Food Photography

Setiap susunan makanan dapat memberikan efek berbeda terhadap komposisi visual yang dihasilkan. Kamu perlu mempertimbangkan susunan yang cocok untuk hidanganmu. Berikut referensinya agar tampilan foto makananmu semakin apik dan menarik:

1. Communal

Communal Meal adalah hidangan yang disajikan untuk banyak orang. Untuk food plating yang satu ini kerap kamu temukan di berbagai makanan dalam kebudayaan Asia. Kamu bisa memanfaatkan daun pisang atau piring saji yang bermotif menarik.

2. Individual

Plating dengan jenis gaya individual sebenarnya diadopsi dari gaya yang lebih modern, yaitu minimalis. Dengan jenis plating individual, porsi makanan yang dihidangkan tidak terlalu banyak, karena mengacu seseorang yang hanya makan dengan porsi kecil.

3. One-dish meals

Jenis plating berikutnya adalah one-dish meals atau makanan yang dihidangkan di dalam satu piring, lengkap dengan nasi dan lauk pauk, misalnya nasi lemak dan nasi padang menjadi jenis makanan yang pas untuk jenis plating ini, GenK. Yuk belajar plating untuk bahan foto makanan, baca selengkapnya disini.