Pahami Cara Kerja VSAT sebelum Menggunakannya

Pahami Cara Kerja VSAT sebelum Menggunakannya

Memilih VSAT bisa dijadikan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mendapatkan sinyal jaringan yang lebih baik. Bahkan bisa dibilang, penggunaan perangkat yang satu ini sudah banyak digunakan baik itu kepentingan bisnis maupun kepentingan pribadi. Namun ternyata meski begitu, masih banyak yang belum paham dengan cara kerjanya. Berikut ini penjelasannya.

Cara Kerjanya Menyerupai TV Satelit

Hal pertama yang mesti Anda ketahui terlebih dulu adalah cara kerja perangkat yang satu ini hampir serupa dengan cara kerja dari TV satelit. Perbedaannya adalah untuk cara kerja TV sateliti ini membutuhkan LNB untuk bisa berfungsi dengan baik. Dalam arti kata lain, sinyal TV satelit ini hanya bisa menerima sinyal satelit yang berupa downlink.

Lain dengan perangkat yang satu ini karena bisa menerima LNB sekaligus BUC. Nantinya hal ini berguna untuk mengirimkan sinyal balik ke satelit tersebut. Tidak heran apabila perangkat yang satu ini dikenal karena kecanggihannya.

Proses Transmisi Sinyal Satelit

Cara kerja dari perangkat yang satu ini adalah dengan mengetahui proses transmisi dari sinyal satelit ini sendiri. Nantinya data yang akan ditransmisikan ini berasal dari perangkat seperti remote. Fungsi dari cara kerja ini sendiri adalah mengubah gelombang frekuensi menjadi jenis gelombang lainnya yang lebih dapat diterima dan juga biasanya memiliki frekuensi tinggi.

Hasil dari frekuensi tersebutlah yang nantinya akan masuk ke dalam perangkat RFT atau juga dikenal dengan nama RF Transceiver. Proses berikutnya yang bakal dilakukan adalah dengan memasuki proses yang juga disebut dengan nama SSPA. Pada proses ini nantinya akan memperkuat sinyal dari antena ini sendiri dan sinyal bakal masuk ke dalam feedhorn.

Proses Receiver Sinyal Satelit

Cara kerja dari VSAT yang berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah proses receiver sinyal satelit seperti yang satu ini. Tahapan pertama adalah diawali dengan antena yang nantinya bakal menerima sinyal satelit terlebih dulu. Sinyal yang sudah diterima tersebutlah yang kemudian dipantulkan feedhorn. Hal ini dilakukan supaya nantinya kualitas dari sinyal menjadi lebih baik.

Tidak berhenti sampai di situ saja karena sinyal yang didapatkan oleh Feedhorn tersebut langsung dikirim lagu ke LNA. Bagi Anda yang belum tahu, LNA merupakan singkatan dari Low Noise Amplifier yang memiliki banyak manfaat. Untuk manfaat paling utamanya sendiri adalah kemampuannya untuk memperkuat sinyal yang sudah diterima oleh Feedhorn.

Belum berhenti sampai di LNA saja karena masih ada proses lainnya yang juga tidak kalah pentingnya. Proses yang berikutnya yang mesti dilalui adalah sinyal yang sudah diproses tersebut akan segera masuk ke dalam Down Converter. Fungsi dari Down Converter terbilang cukup penting yaitu mengubah yang tadinya sinyal RF diubah menjadi sinyal IF yang lebih baik.

Tahap berikutnya yang mesti dilewati adalah sinyal IF yang baru saja masuk dari Down Converter akan melalui perangkat modem terlebih dulu. Dalam perangkat modem inilah kemudian sinyal IF tersebut akan melalui proses dimodulasi. Bukan tanpa alasan karena proses dari dimodulasi ini sendiri berguna untuk memisahkan antara sinyal carier dengan informasi.

Tahapan terakhir adalah ketika sinyal carier dan juga informasi yang sudah terpisah tersebut akan diteruskan ke perangkat yang berfungsi sebagai user. Sebut saja mulai dari Router, Multiplexer hingga masih banyak lainnya. Apabila semua proses dan tahapan tersebut berjalan dengan baik maka dapat dipastikan perangkat ini sudah bekerja seperti yang seharusnya.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara kerja VSAT. Hal ini terbilang penting supaya nanti Anda lebih paham cara menggunakannya maupun keunggulan yang dimiliki oleh perangkat satu ini.