Mudah Dibuat, 6 Masker Wajah Alami untuk Pemilik Kulit Berminyak

Mudah Dibuat, 6 Masker Wajah Alami untuk Pemilik Kulit Berminyak

Kondisi wajah yang berminyak, tentu membuat Anda sering tak percaya diri dengan penampilan. Apalagi kulit wajah yang berminyak, cenderung menjadi tempat favorit jerawat untuk berkembang biak. Salah satu cara untuk mengontrol produksi minyak berlebihan di wajah adalah dengan menggunakan masker. Anda bisa buat sendiri masker wajah ini dari 6 bahan alami berikut ini.

  1. Masker Pisang

Buah berwarna kuning dan memiliki cita rasa manis ini bisa diandalkan untuk membasmi minyak berlebih di wajah Anda. Pisang bisa digunakan untuk mengeksfoliasi kulit yang terpapar kotoran dan minyak berlebih, tanpa membahayakan lapisan kulit wajah Anda. Untuk hasil terbaik, manfaatkan pisang yang telah masak sempurna sebagai masker, dengan diberi tambahan madu.

  1. Masker Lemon

Lemon cocok digunakan untuk mengurangi produksi minyak di wajah karena kandungan astringent di dalamnya. Astringent sendiri adalah zat yang bisa merapatkan pori-pori wajah, mengurangi produksi minyak di wajah, serta membuat wajah terlihat lebih bersih. Kandungan vitamin C-nya pun buat wajah makin cerah. Basmi minyak dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah.

  1. Masker Oatmeal 

Akhir-akhir ini, masker oatmeal begitu viral di dunia maya karena pemanfaatannya sebagai masker wajah. Oatmeal atau bubur gandum dapat mengeksfoliasi kulit, sehingga dapat mengusir minyak berlebih di wajah. Beri tambahan putih telur dan madu pada bubuk oatmeal, untuk hasil masker yang lebih maksimal. Masker oatmeal juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kerutan.

  1. Masker Tomat

Sayuran yang hampir selalu ada di dapur ini, juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Sama seperti lemon, tomat pun mengandung zat astringent yang bermanfaat mengurangi produksi minyak di wajah. Selain itu, vitamin yang dikandung tomat dapat menyamarkan noda dan juga melembutkan kulit wajah. Haluskan tomat terlebih dahulu, lalu oleskan secara merata pada wajah.

  1. Masker Lidah Buaya

Dari pada beli masker lidah buaya dengan harga yang lumayan mahal, tak ada salahnya Anda mencoba membuatnya sendiri di rumah. Pisahkan daging lidah buaya dari kulitnya, tambahkan dengan madu, lalu haluskan. Oleskan secara merata di wajah dan tunggu hingga mengering. Lidah buaya mengandung astringent untuk mengontrol produksi minyak dan juga mengobati iritasi kulit.

  1. Masker Mentimun

Murah dan mudah dibuat, itulah gambaran dari masker mentimun. Mentimun juga mengandung zat astringent yang dapat mengontrol dan mengurangi produksi minyak di wajah. Selain itu, mentimun pun dapat membasmi noda dan sel kulit mati, yang membuat wajah jadi terlihat kusam. Haluskan mentimun dengan tambahan perasan lemon dan madu, lalu oleskan merata di wajah.

Kondisi wajah yang berminyak merupakan daya tarik utama bagi jerawat untuk bermunculan. Selain itu, noda pun bisa dengan mudah menempel pada wajah berminyak. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di atas, untuk dijadikan sebagai masker wajah. Zat dan vitamin dalam ragam bahan alami tersebut, dapat kontrol produksi minyak di wajah Anda.