Mengenal Cedera ACL dan Gejalanya

Mengenal Cedera ACL dan Gejalanya

Cedera adalah salah satu ancaman bagi para atlet olahraga, terutama atlet sepak bola. Meskipun demikian, cedera tentu saja bisa terjadi pada orang-orang biasa yang bukan atlet namun dengan persentase yang lebih kecil. Terkait cedera, ada beberapa cedera yang menjadi ancaman bagi para atlet tersebut, salah satunya adalah cedera ACL.

ACL atau dalam bahasa lain disebut ligamentum cruciatum anterior adalah penstabil utama pada sendi lutut. ACL ini menempel pada bagian tulang kering dan tulang paha. Oleh karena itu, secara umum, fungsi ACL ini begitu penting karena akan berpengaruh pada bagaimana kaki bisa bergerak dengan sempurna, terutama untuk menunjang aktivitas pada atlet tersebut.

Cedera yang Sering Terjadi

Bisa dikatakan jika ACL adalah ligamen yang paling sering mengalami cedera lutut. Oleh karena itu, bisa dikatakan pula bahwa jenis cedera ini yang paling banyak diderita oleh para atlet.

Dalam catatan kasus, cedera pada ACL rata-rata terjadi hingga 200.000 kasus per tahun di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, ada sekitar 100.000 rekonstruksi ACL yang dilakukan oleh medis pada para atlet. Cedera ini memang menjadi ancaman yang serius untuk para atlet, terutama yang menggunakan lutut mereka, seperti atlet bola basket, sepak bola, ski dan lainnya.

Selain itu, kerusakan ACL ini seringkali disertai dengan kerusakan pada beberapa ligamen lain seperti meniskus, rawan articular dan lainnya. Oleh karena itu, cedera ACL masuk dalam kategori cedera serius yang biasanya akan memerlukan waktu pemulihan yang lama.

Hal lain terkait kerusakan ACL yang mengancam ini, perlu diketahui bahwa cedera ini juga bisa muncul disertai dengan memar pada bagian tulang di bawah permukaan tulang rawan. Kondisi ini bisa diketahui dengan menggunakan tes MRI. Sebagai rekomendasi yuk simak video berikut :

Tanda-Tanda Gejala Cedera ACL

Kerusakan pada ACL akan dibarengi dengan beberapa tanda yang bisa dijadikan pedoman awal untuk melakukan pemeriksaan. Dengan gejala yang muncul tersebut, pihak medis akan bisa melakukan tindakan penanganan yang tepat sehingga masalah ACL tersebut bisa diatasi dengan segera dan baik.

Adapun tanda dan gejala dari kerusakan ACL tersebut adalah sebagai berikut:

  • Terdengar suara keras di lutut

Kerusakan ACL biasanya akan disertai dengan adanya suara keras yang muncul dari dalam lutut. Suara keras tersebut merupakan suara dari ligamen yang rusak atau lepas. Ligamen yang menempel erat pada lutut akan berbunyi saat ‘dipaksa’ lepas.

  • Rasa sakit yang sangat parah

Saat terjadinya cedera pada ACL, maka akan langsung timbul rasa sakit yang sangat parah. Rasa sakit ini terjadi karena ligamen yang sobek. Selain itu, energi yang berkumpul di lutut akan dilepaskan secara paksa yang akan membuat rasa sakit menjadi semakin parah. Biasanya, mereka yang mengalami cedera ini akan langsung tidak bisa melanjutkan kegiatan.

  • Terjadi pembengkakan

Gejala lain yang timbul dari kerusakan ACL adalah pembengkakan. Pembengkakan tersebut terjadi pada lutut di mana menunjukkan bahwa tidak adanya lagi ligamen pengikat di dalamnya. Pembengkakan tidak akan langsung terjadi pada saat terjadi cedera, namun akan muncul selang beberapa jam dari saat cedera tersebut muncul.

Bisa dikatakan bahwa kerusakan ACL adalah salah satu cedera yang cukup parah dan harus diwaspadai. Solusi yang diberikan untuk menangani cedera ACL ini tentu saja adalah operasi. Hal ini dikarenakan ACL yang rusak harus diperbaiki dengan tepat sehingga lutut akan bisa bekerja sebagaimana mestinya di kemudian hari.