Memastikan Barang Yang Kita Pesan Sampai

Memastikan Barang Yang Kita Pesan Sampai

Saat berbelanja online, tentu barang yang sudah anda beli tidak bisa langsung sampai kecuali anda membeli barang dari toko yang satu wilayah dengan tujuan pengiriman. Karena itu banyak konsumen yang merasa insecure karena tidak tahu barang yang dibeli sudah sampai mana pengirimannya. Apakah masih tertahan di wilayah tertentu atau sudah sampai. Untuk memastikan apakah barang yang dibeli benar-benar sudah dikirim dan untuk mengecek sudah sampai mana proses pengirimannya, anda bisa mengetahuinya dengan cek resi pengiriman.

Dengan melacak barang yang anda beli, anda bisa mengetahui sudah sampai dimana barang anda. Apalagi ketika sudah seminggu lebih barang belum sampai-sampai, apakah memang barang sedang tertahan dan masih dalam pengiriman atau sebenarnya sudah diterima oleh orang lain namun anda tidak mengetahuinya. Kalau ternyata yang terjadi adalah pada kasus kedua, anda bisa segera melakukan komplain kepada pihak ekspedisi. Nantinya pihak ekspedisi akan membantu membuat laporan dan melakukan investigasi bila barang tersebut benar-benar hilang.

Sekarang sebagian besar ekspedisi memiliki sistem untuk mempermudah pelanggan dalam melihat posisi barang dan informasi tersebut akan di update setiap kali transit. Informasi ini sangat penting, tidak hanya untuk pelanggan saja namun juga untuk pihak lainnya seperti pihak manajemen ekspedisi dan juga pihak pengirim (penjual/ toko online). Dengan adanya informasi tersebut setiap pihak bisa mengetahui bila ada proses pengiriman yang aneh, tidak sesuai dengan prosedur pengiriman. Namun karena sifat sistem yang selalu update, maka penerima harus selalu melakukan update informasi ketika transit, dimulai ketika pihak ekspedisi menerima barang yang akan dikirim, ketika akan mengirimkan ke wilayah tujuan, ketika transit di wilayah lain, ketika sampai di wilayah tujuan, ketika mengirimkan ke alamat tujuan hingga ketika barang sudah diterima.

Untuk anda yang baru akan mengecek resi pertama kali, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan. Namun pertama-tama anda harus menyiapkan nomor resi atau tracking yang anda dapatkan dari pengirim (pengirim mendapatkan dari pihak ekspedisi). Nomor itu nantinya harus anda masukkan ke dalam kolom khusus yang disediakan oleh ekspedisi di situs mereka. Setiap ekspedisi memiliki kode masing-masing, mulai dari kode ekspedisi, kode wilayah, kode kota dan lain sebagainya. Sehingga nantinya setiap nomor resi unik, tidak ada yang sama, jadi jangan khawatir kalau nomor resi tersebut bisa overlap dengan pengiriman barang lainnya.

Kalau anda sudah mendapatkan nomor resinya, maka anda tinggal masuk ke situs ekspedisi tersebut di browser anda. Beberapa ekspedisi yang sering digunakan dan memiliki fitur cek resi adalah J&T, JNE, TIKI dan Pos Indonesia. Anda hanya perlu memasukkan nomor resi yang anda miliki pada kolom yang sudah disediakan, bisanya pada situs tertulis “input nomor resi”, “trace and track” atau kata-kata sejenis yang maksudnya sama. Setelah itu anda tinggal klik “oke”, “lacak”, “cari” dan lain sebagainya. Dalam beberapa waktu data pengiriman akan muncul. Disitu akan terlihat posisi barang sudah sampai dimana termasuk riwayat pengirimannya (lokasi dan jam).

Pihak ekspedisi juga memiliki sistem keamanan untuk menjaga data pribadi anda (nomor resi) agar tidak digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Sistem keamanan yang digunakan adalah pelanggan akan diminta untuk menulis kombinasi huruf besar-kecil dan angka ataupun memilih gambar. Fitur keamanan ini harus anda isi bila anda ingin mengetahui update barang anda. Bila tidak diberikan fitur keamanan, barang yang dikirim menjadi rentan dicuri oleh orang lain. Misalnya saja anda membeli smartphone, orang-orang tidak bertanggung jawab yang tahu isi paket tersebut bisa saja memiliki ide untuk mengambil barang tersebut selama proses pengiriman karena mereka juga sudah mengetahui dimana lokasi barang tersebut. Kalau paket tersebut diberi asuransi, maka anda bisa mendapatkan ganti rugi. Akan tetapi untuk mereka yang tidak menggunakan asuransi, tentu mereka menjadi rugi. Oleh sebab itulah anda harus berhati-hati dan terus mengecek secara rutin barang anda sudah sampai mana. Ketika barang tersebut terlalu lama transit di sebuah tempat maka anda bisa segera melayangkan komplain ke pihak ekspedisi.