Mau kuliah di Australia

Mau kuliah di Australia? Ini dia 5 Referensi kampus terbaik

Ingin melanjutkan pendidikan di Australia tapi masih bingung di mana? Berikut 5 rekomendasi universitas terbaik di Australia:

University of Melbourne

University of Melbourne adalah universitas riset negeri yang berlokasi di Melbourne, Australia. Didirikan pada tahun 1853, Universitas Melbourne adalah universitas tertua kedua di Australia dan tertua di Victoria.

Universitas Melbourne terdiri dari 11 unit akademik yang terpisah dan dikaitkan dengan berbagai lembaga dan pusat penelitian, termasuk Institut Penelitian Medis Walter dan Eliza Hall, Institut Ilmu Saraf dan Kesehatan Mental Florey, Institut Penelitian Ekonomi dan Sosial Terapan Melbourne dan Institut Grattan. Di antara 15 jurusan pascasarjana, Melbourne Business School, Melbourne Law School, dan Melbourne Medical School adalah yang paling dihormati.

Australian National University

Australian National University (ANU) adalah universitas riset negeri yang berlokasi di Canberra, ibukota Australia. Kampus utamanya berada di Acton dan meliputi tujuh perguruan tinggi pendidikan dan penelitian, serta di samping beberapa akademi dan lembaga nasional Australia.

Didirikan pada tahun 1946, ANU adalah satu-satunya universitas yang didirikan oleh Parlemen Australia. ANU dianggap sebagai salah satu universitas riset terkemuka di dunia. Universitas ini menduduki peringkat 1 di Australia dan seluruh Oceania, ke-24 di dunia dengan Peringkat Universitas QS World 2019, dan ke-49 di dunia (kedua di Australia) oleh Pendidikan Tinggi Times 2019.

Universitas ini terkenal dengan program-programnya di bidang seni dan ilmu sosial, dan berada di antara yang terbaik di dunia untuk sejumlah disiplin ilmu termasuk politik dan hubungan internasional, kebijakan sosial, dan geografi.

University of Sydney

University of Sydney (USYD) adalah universitas riset negeri Australia di Sydney, Australia. Didirikan pada tahun 1850, USYD adalah universitas pertama di Australia dan dianggap sebagai salah satu universitas terkemuka di dunia. Universitas ini terdiri dari 9 fakultas dan sekolah, di mana ditawarkan unutk pendidikan bergelar sarjana, magister dan doktoral. Pada tahun 2014 memiliki 33.505 sarjana dan 19.284 mahasiswa pascasarjana.

University of Queensland

University of Queensland (UQ) adalah universitas riset negeri yang berlokasi di Queensland, Brisbane, Australia. Didirikan pada tahun 1909 oleh parlemen negara bagian, UQ adalah universitas tertua kelima di Australia. UQ dianggap sebagai salah satu universitas terkemuka di Australia, dan diperingkat sebagai universitas ke-48 paling terkemuka di dunia.

Kampus utamanya terletak di St Lucia dan menempati sebagian besar pinggiran kota St Lucia, di sebelah barat daya pusat bisnis Brisbane. Kampus dan fasilitas UQ lainnya tersebar di seluruh Queensland, yang terbesar di antaranya adalah kampus Gatton dan Mayne Medical School.

Monash University

Monash University adalah universitas riset negeri yang berbasis di Melbourne, Australia. Didirikan pada tahun 1958, Monash adalah universitas tertua kedua di Negara Bagian Victoria. Universitas ini memiliki sejumlah kampus, empat di antaranya berada di Victoria (Clayton, Caulfield, Peninsula, dan Parkville), dan satu di Malaysia. Monash juga memiliki pusat penelitian dan pengajaran di Prato, Italia, sekolah riset pascasarjana di Mumbai, India, dan sekolah pascasarjana di Suzhou, Tiongkok.

Monash adalah rumah bagi fasilitas penelitian utama, termasuk Monash Law School, Australian Synchrotron, the Monash Science Technology Research and Innovation Precinct (STRIP), Australian Stem Cell Centre, 100 pusat penelitian dan 17 pusat penelitian koperasi.

Satu hal yang perlu diingat sebelum kamu melanjutkan pendidikan di Australia adalah kamu harus lulus tes IELTS atau TOEFL terlebih dahulu. Nah, untuk memudahkan kamu bisa ikut latihan TOEFL dan mengikuti tes TOEFL online di Cakap. Sebelum ke Australia tentunya kamu juga harus paham jika berangkat kesana butuh visa. Yuk, baca dulu cara mengurus visa Australia.