Langkah Mengatasi Masalah Edit Suara Video yang Tidak Sinkron di Adobe Premier Pro CC

Langkah Mengatasi Masalah Edit Suara Video yang Tidak Sinkron di Adobe Premier Pro CC

Salah satu software yang cukup sering digunakan untuk edit suara video dan juga edit video adalah Adobe Premier Pro CC. Ya, software ini memang sudah terkenal di kalangan editor video karena memang menawarkan platform yang sangat menarik untuk mengedit video, termasuk bagian suara.

Dengan software yang satu ini, editing suara video dan video bisa dilakukan dengan lebih akurat dan tentu saja hasilnya nantinya akan cenderung lebih sempurna. Hal ini dikarenakan fitur yang tersedia di Adobe Premier Pro CC sangat lengkap untuk membantu editor melakukan editing.

Hanya saja, cukup sering terjadi masalah edit suara video saat proses editing. Salah satu masalah yang sering muncul adalah audio dan video yang tidak sinkron. Hal ini tentu sangat merepotkan dan mengganggu karena mutu video nantinya akan kurang maksimal.

Tips Mengatasi Masalah Tidak Sinkron Pada Editing Suara Video

Masalah terkait suara video yang sering muncul adalah suara dari video yang terkesan terlalu cepat atau terlalu lambat setelah video mentah di-import ke Adobe Premier CC. Hal ini sepertinya dikarenakan belum maksimalnya dukungan software untuk jenis rate video tertentu.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi masalah tidak sinkron antara video dengan audio tersebut hingga tidak menghambat proses editing?

Nah, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Instal software Apple Quick Time untuk Windows

Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah edit suara video yang muncul pada software Adobe Premier Pro CC adalah dengan menginstal Apple Quick Time. Ini adalah salah satu software yang bisa diandalkan untuk membuat audio menjadi sinkron dengan video yang akan Anda edit.

Perlu diketahui bahwa Apple Quick Time adalah salah satu software media codec yang bisa diandalkan untuk menunjang editing. Fungsi utama dari software ini adalah sebagai penunjang agar OS Windows bisa membuka beberapa jenis format file yang umum digunakan dalam Mac OS.

  • Buka file name extension

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah audio dan video yang tidak sinkron dalam Adobe Premier Pro CC adalah dengan membuka file name extension. Dalam hal ini, Anda bisa membuka bagian Windows File Explorer. Setelah itu, centang atau aktifkan opsi file name extension.

Dengan cara ini, Anda bisa menampilkan nama format dari setiap file yang nantinya akan diedit. Tentu, Anda akan mengetahui file dengan format yang tepat dan cocok dengan software sehingga masalah tidak sinkron tadi bisa diatasi dengan lebih mudah.

  • Rename file yang akan diedit

Rename dari file yang akan diedit merupakan bagian yang cukup penting dari proses edit suara video dengan menggunakan software ini. Terkadang, masalah audio yang tidak sinkron dengan video dikarenakan nama file, terutama bagian extension, yang tidak sama.

Nah, sebelum Anda melakukan import file ke Adobe Premier Pro CC, lakukan rename atau ganti extension dari file tersebut menjadi “.dif”. Misalnya, ubah “namafile.mp4” menjadi “namafile.dif”.

  • Refresh folder

Setelah proses rename selesai, lakukan refresh pada folder untuk mendapatkan perubahan dari file tersebut. Tidak perlu khawatir file akan hilang atau rusak karena Apple Quick Time secara otomatis akan menyimpannya. Setelah itu, Anda bisa import file ke Adobe Premier Pro CC dan melakukan editing seperti biasanya.

Beberapa poin di atas adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan jika masalah tidak sinkron saat edit suara video dengan Adobe Premier Pro CC terjadi. Semoga bermanfaat.