Kini Mengajukan Pembuatan PT Lebih Mudah

Kini Mengajukan Pembuatan PT Lebih Mudah

Dengan menggunakan jasa pembuatan PT online memang akan memudahkan Anda. Namun tentunya biaya yang dikeluarkan tidak sedikit pula. Walaupun memang tidak bisa terbilang mudah untuk mengajukan pembuatan PT tetapi   Anda bisa mengajukannya sendiri tanpa harus kehilangan uang banyak.  Nah, tidak perlu takut akan mengalami kesulitan yang berat ketika Anda mengajukan pembuatan PT tersebut karena pada dasarnya sekarang sudah jauh lebih mudah dibandingkan dengan dulu.  Untuk itulah jangan sampai mengabaikan begitu saja informasi mengenai pengajuan pembuatan PT yang saat ini jauh lebih mudah tersebut.

Untuk mempermudah melakukan semua langkah dalam mengajukan pembuatan PT ini Anda bisa meminta bantuan dari orang lain yang ahli dalam bidangnya ataupun orang yang dekat dan bekerjasama langsung.  Dengan begitu akan jauh lebih mudah lagi dalam mengajukan pembuatan PT yang mana sebenarnya saat ini sudah dipermudah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Adapun langkah-langkah dalam pengajuan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mencari Info Lalu Menyiapkan Semua Data yang Diperlukan

Pertama-tama, langkah yang harus Anda lakukan dalam mengajukan pembuatan PT ini adalah mencari info apa saja data yang diperlukan. Selanjutnya Anda harus mempersiapkan semua data tersebut dengan baik. Berikut adalah berbagai data yang diperlukan:

  1. Nama

Terdapat ketentuan yang harus dipatuhi dalam membuat nama PT.  Beberapa diantaranya  adalah harus mempunyai 3 suku kata minimalnya, belum pernah digunakan oleh PT lainnya dan jangan gunakan serapan kata asing.  Untuk lebih lengkapnya silahkan cari saja ketentuannya pada PP 43/11 yang mengatur tata cara pemakaian dari nama PT.

  1. Tempat dan Kedudukan

Tempat dan kedudukan dari PT ini  harus dituliskan sesuai wilayah yang ditempati yakni dimana kabupaten atau kotamadya. Singkatnya adalah alamat dan kedudukan hukum dari PT yang hendak didirikan sesuai faktanya.

  1. Maksud dan Tujuan

Dalam Pasal 3 Akta pendirian PT  mengatur mengenai maksud dan tujuan dari PT yang hendak didirikan.  Dalam penyusunan maksud dan tujuan tersebut harus jelas, sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tentunya tidak boleh sembarangan.

  1. Struktur Permodalan

Pendirian PT  harus mempunyai modal dasar yang disepakati oleh para pendiri PT sesuai dengan paket kebijakan XII terbaru tahun 2016 yang dikeluarkan oleh Jokowi.  Hal ini tentunya semakin memudahkan dalam mengajukan pembuatan PT karena sebelumnya diatur minimal dasar modal tersebut sebesar 50 juta rupiah

  1. Struktur Pengurus

Data berikutnya yang harus dipersiapkan dalam mengajukan pembuatan PT adalah pengurus dari PT yang harus disusun secara benar.

  1. Membuat Akta Pendirian dari PT

Langkah berikutnya Anda harus membuat akta pendirian dari PT pada notaris. Notaris tersebut harus terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM. Tidak harus Notaris yang berwilayah sama dengan kedudukan PT  sehingga lebih bebas memilih notaris yang diinginkan.

  1. Notaris Mengajukan Pengesahan Akta PT

Ketika Notaris sudah selesai membuat akta pembuatan PT maka akan diajukan pengesahannya kepada mentri Hukum dan HAM.  Hasilnya akan keluar Surat Keputusan yang mengesahkan badan hukum dari PT.

  1. Mengurus Domisili di Keluaran Tempat PT Didirikan

Untuk menerangkan mengenai alamat PT yang hendak dirikan maka diperlukan domisili dari kelurahan. Singkatnya izin ini diatur oleh Pemda  karena yang mengeluarkan adalah kelurahan terkait.

  1. Ke Kantor Pajak untuk Mengurus NPWP

Anda harus  mengujungi kantor pajak untuk mengurus NPWP pajak. Hal ini wajib untuk dilakukan mengingat PT sudah sah menjadi badan hukum saat sudah dikeluarkannya surat pengesahan dari mentri kementrian hukum dan HAM.  Nantinya akan diperolah dua hal penting yakni surat ketrangan terdaftar pajak dan NPWP.

  1. Izin untuk Usaha

Apabila Anda tidak mengurus surat  izin untuk usaha alias SIUP maka berbagai kegiatan untuk  meraih keuntungan tidak bisa dilakukan.

  1. Tanda Daftar Perusahaan

Dengan dipunyainya Tanda Daftar Perusahaan (TDP), maka Anda tidak akan terkena masalah yang berkaitan dengan pengakuan PT yang didirikan.  Langkah ini merupakan langkah terakhir yang harus dilakukan dalam mengajukan pembuatan PT. Untuk langkah lainnya tergantung dengan kebijakan pemda  terkait seperti di Jakarta Selatan yang diwajibkan untuk memunyai sertifikat BPJS ketenagakerjaan.