Inilah Tahap Perkembangan Bayi Usia 0 Hingga 18 Bulan

Inilah Tahap Perkembangan Bayi Usia 0 Hingga 18 Bulan

Siapa tidak senang dengan kehadiran si buah hati di dunia ini. Namun, rasa senang itu harus diimbangi dengan perhatian yang luar biasa, apalagi ketika bayi masih dalam rentang usia 0 hingga 18 bulan. Anda harus mengetahui tahap perkembangan bayi usia tersebut untuk bisa memantau perkembangan si buah hati, apakah berjalan normal atau tidak.

Tahap-Tahap Perkembangan Bayi dari Usia 0 hingga 18 Bulan

  1. Bayi usia 0-3 bulan

Pada masa ini bayi sudah bisa melakukan berbagai kegiatan seperti menggerakkan tangan dan kaki secara bersama-sama, mengangkat kepala ketika berada di dalam posisi tengkurap, sudah bisa berceloteh meskipun belum terlalu jelas, merespons suara, mampu tertawa, dan sudah bisa mencari arah sumber suara datang.

  1. Bayi usia 4-6 bulan

Pada rentang usia 4 hingga 6 bulan, bayi mulai bisa mengangkat kepalanya sendiri. Selain itu bayi juga sudah mampu untuk duduk dengan baik meskipun masih memerlukan sedikit bantuan, menumpukan berat pada kaki, menahan tubuh dengan dada ketika berada dalam posisi tengkurap, mengubah posisi dari berbaring menjadi duduk atau sebaliknya, dan bisa memandang mengikuti benda yang bergerak.

  1. Bayi usia 7-9 bulan

Bayi dengan usia antara 7 hingga 9 bulan sudah bisa duduk tanpa perlu bantuan dari orang lain. Bayi juga sudah mampu untuk berdiri sendiri dengan bantuan orang atau benda sekitar, mulai bisa mengucapkan kata “dada” atau “mama” meskipun belum terlalu jelas, memegang mainan, dan sudah bisa melambaikan tangan sebagai tanda berpisah.

  1. Bayi usia 10-12 bulan

Memasuki usia 10—12 bulan, sistem motorik kasar bayi sudah mulai masuk tahap di mana ia sudah mampu dan mulai belajar untuk berdiri tanpa bantuan dari orang dan benda di sekitarnya. Normalnya, ia akan mampu bertahan selama beberapa detik hingga akhirnya perlu pegangan lagi. Selain itu, pengucapan “dada”  atau “mama” sudah mulai lebih jelas daripada sebelumnya.

  1. Bayi usia 13-15 bulan

Di usia 13-15 bulan, bayi sudah bisa berdiri sendiri tanpa memerlukan bantuan dari orang dan benda di sekitar. Selain itu, bayi sudah bisa mengatakan “mama” dan “dada” dengan jelas, mampu berjalan dengan lancar, mampu mengatakan beberapa kata, memasukkan benda ke suatu wadah, dan bisa bermain bola dengan orang di sekitarnya.

  1. Bayi usia 16-18 bulan

Normalnya, bayi dengan usia 16-18 bulan sudah bisa mulai berlari. Bayi juga sudah bisa mengatakan hingga 3 kata, menulis meskipun masih terlihat belum rapi, minum dari cangkir bayi, berjalan mundur, dan sudah bisa menggunakan sendok meskipun masih harus dengan pengawasan orang terdekat.

Itulah tadi tahapan bayi dari usia 0 hingga 18 bulan. Anda harus memperhatikan betul ciri-ciri pada setiap usia. Hal ini untuk memantau apakah perkembangan bayi berjalan normal atau tidak. Jika terdapat ketidaksesuaian, langsung konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan sesegera mungkin.