Faktor Sakit Diabetes Melitus, Hindari Untuk Hidup Lebih Sehat

Faktor Sakit Diabetes Melitus, Hindari Untuk Hidup Lebih Sehat

Faktor sakit Diabetes Melitus sering terabaikan karena tidak memahami seluk beluk penyakit sehingga tidak memahami pula cara pencegahannya.

Faktor utama dari penyakit ini adalah karena gaya hidup dan faktor keturunan atau genetik. Oleh karena itu penyakit ini harus mendapatkan penangan yang baik dan serius.

Penyakit Diabetes Melitus yang sering dikenal sebagai penyakit kencing manis ini bisa muncul karena adanya gangguan yang terjadi pada metabolisme tubuh.

Faktor Sakit Diabetes Melitus Dari Makanan

Salah satu penyakit yang memiliki ciri kadar gula darah tinggi ini sering menjadi ancaman. Karena penyakit ini merupakan jenis penyakit yang berbahaya dan perlu untuk waspada.

Bahkan tidak sedikit orang kehilangan nyawanya akibat penyakit ini. Bukan hanya faktor gaya hidup saja yang bisa menimbulkan sakit ini namun faktor keturunan juga berpotensi memiliki penyakit ini.

Penyakit ini bisa muncul karena adanya gangguan pada metabolisme tubuh, hal ini karena organ pada tubuh yaitu pankreas tidak bisa menghasilkan insulin yang cukup untuk tubuh.

Nah apa itu insulin? Insulin adalah suatu hormon yang bisa berfungsi untuk menyeimbangkan gula darah dalam tubuh manusia. Dengan pankreas mengalamai gangguan tentu saja produksi insulin terganggu.

Dengan hormon insulin yang tidak bisa dengan mudah tubuh serap membuat penumpukan pada gula darah. Penumpukan inilah yang akan membuat gangguan [ada kerusakan organ tubuh yang lainnya.

Hal ini bisa saja menjadi faktor penyebab diabetes melitus dan juga penyakit komplikasi yang serius. Namun kebanyakan orang justru mengabaikan keadaan yang seperti ini.

Untuk terhindar dari penyakit ini sebaiknya gula darah harus bisa tubuh serap dengan sempurna, dengan adanya pengontrolan gula darah lewat askep diabetes melitus yang berubah menjadi urgen dan rutin.

Faktor-Faktornya

Salah satu faktor utama penyakit ini adalah pola hidup yang tidak sehat. Adanya pola kerja yang intens namun tidak mereka imbangi dengan konsumsi yang baik bisa menjadi faktor penyakit ini muncul.

Lalu makanan seperti apakah yang sebaiknya tidak mereka konsumsi yang bisa menjadi faktor sakit diabetes melitus.

Karbohidrat Tinggi Dan Rendah Serat

Jika mengkonsumsi makanan ini nantinya bisa menimbulkan penyakit diabetes melitus seperti kentang goreng, roti, pasta, tepung terigu dan terutama nasi.

Untuk itu hindari makanan ini dan menggantinya dengan makanan seperti bijian, umbi rebus dan kacang-kacangan. Hal ini bisa membuat anda terhindar dari penyakit berbahaya ini.

Makanan Berlemak Tinggi

Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi bisa menjadi faktor munculnya penyakit ini. Misalnya susu tinggi lemak, makanan cepat saji, mentega dan daging olahan.

Tidak hanya itu makanan dengan bahan keju, krimer, kue dan selai kacang juga termasuk makanan berlemak jenuh tinggi. Bisa anda ganti dengan konsumsi kacang-kacangan, alpukat, ikan dan tahu.

Minuman Bersoda

Minuman juuga bisa menjadi faktor sakit diabetes melitus baik itu minuman manis sampai yang bersoda. Pada minuman ini memiliki kandungan karbohidrat tinggi.

Jenis Penyakit Diabetes Melitus

Dalam penyakit yang satu ini ada dua tipe penyakit seperi diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2.

Diabetes melitus tipe 1 artinya pankreas tidak bisa berfungsi untuk menghasilkan insulin sama sekali. Sedangkan untuk diabetes melitus tipe 2 pankreas bisa menghasilkan insulin namun tidak bisa tubuh serap.

Namun apapun tipe diabetesnya sebaiknya hindari faktor sakit diabetes melitus. Akan lebih baik untuk menghindari faktornya daripada harus mengobati sakit diabetes melitus.