Fakta Kopi Espresso yang Jarang Diketahui

Fakta Kopi Espresso yang Jarang Diketahui

Padatnya rutinitas sehari-hari seringkali membuat orang terburu-buru padahal harus tetap fokus dengan aktivitas sehari-hari agar pekerjaan menjadi tetap maksimal dan efisien. Kopi espresso hadir sebagai penyelamat di kala kesibukan sehari-hari. Tahukah anda kopi espresso berasal dari Italia? Italia memang merupakan negara Eropa pertama yang mengenal kopi salah satunya kopi espresso yang menjadi andalan.

Kopi espresso bermula dari orang-orang Italia yang ingin memesan kopi namun antrian terlalu panjang padahal mereka cukup sibuk dan harus cepat. Kemudian Angelo Moriondo, pria asal Turin, Italia berhasil menciptakan mesin kopi espresso pertama tahun 1884.

Istilah espresso pertama kali digunakan tahun 1900-an yang jika diterjemahkan artinya secangkir kopi yang diseduh secara ekspres hanya untuk anda. Sebenarnya masih banyak fakta-fakta menarik yang jarang diketahui banyak orang tentang kopi espresso.

Kopi Espresso Shot

Penyebutan menu kopi yang pertama awalnya menggunakan istilah shot. Untuk proses pembuatan espresso menggunakan bubuk kopi yang harus disembur dengan tekanan tinggi antara 4-9 bar dan suhu air 90-98 derajat celcius.

Kemudian secangkir espresso akan dihasilkan yang juga disebut dengan shot. Umumnya single shot berisi 30-45 ml. Untuk takaran bubuk kopi terdiri dari 12-18 gram yang sebelumnya menggunakan portafilter untuk dipadatkan.

Espresso shot yang dihasilkan akan memiliki lapisan busa keemasan seperti krem dan juga akan disajikan ke dalam cangkir kecil. Bukan hanya single shot, espresso juga memiliki double shot dan ristretto bahkan beberapa cafe juga menerima request berapa shot yang diinginkan.

Tingkat Roasting Berbeda di Setiap Negara

Kopi espresso memang berasal dari Italia hanya saja setiap negara memiliki tingkat pemanggangan atau tingkat sangrai yang berbeda-beda. Apabila biji kopi espresso di Italia memiliki tingkat medium roast, di pantai timur Amerika Serikat memiliki biji kopi dengan tingkat light roast sedangkan di California disangrai dark roast. Tingkat roasting ini disesuaikan dengan penikmatnya di masing-masing wilayah dan negara.

Tidak Selalu Pahit

Banyak yang beranggapan bahwa kopi espresso selalu pahit. Namun pada dasarnya dalam menghasilkan kopi espresso yang sempurna, tidak boleh ada rasa yang dominan sehingga rasa pahit, manis, dan asam haruslah seimbang agar kelezatannya dapat dinikmati oleh setiap orang.

Bahan Dasar Menu Kopi Lain

Hadirnya kopi espresso menjadi pendorong lahirnya menu-menu kopi lainnya seperti latte, americano, macchiato, cappuccino, mochaccino, dan flat white. Semua kopi ini terbuat dari bahan dasar espresso hanya saja telah dimodifikasi dengan bahan-bahan lainnya misalnya dengan campuran steamed milk, simple syrup, dan bahan lainnya agar bisa menghasilkan kopi dengan rasa yang berbeda.

Untuk menikmati espresso yang lezat bisa menggunakan mesin dan kapsul NESCAFE Dolce Gusto varian Espresso Intenso atau Espresso. Mesinnya mampu menghasilkan yang tepat untuk membuat espresso dari kapsul NESCAFE agar menghasilkan kopi espresso yang nikmat dan berkualitas tinggi.