Dampak Buruk Jika Ibu Hamil Kekurangan Zat Besi

Dampak Buruk Jika Ibu Hamil Kekurangan Zat Besi

Banyak orang yang belum mengetahui bahaya dari anemia yang tidak segera ditangani dengan baik dan tepat. Selain dapat mengganggu kondisi kehamilan seorang ibu, ternyata seseorang yang mengidap penyakit anemia dapat mengganggu pada bagian sistem organ reproduksinya dan juga bisa mempengaruhi pada aliran darah yang mana aliran barang tersebut seharusnya menghantarkan oksigen.

Perlu Anda ketahui mengenai beberapa dampak buruk yang dapat terjadi ketika seseorang mengalami anemia yang disebabkan akibat kekurangan zat besi yaitu seperti berikut ini:

  1. Menjadikan tubuh memiliki daya tahan yang menurun

Seseorang yang memiliki kondisi tubuh kekurangan zat besi atau anemia cenderung memiliki sistem daya tahan tubuh yang lemah. Bahkan dapat terjadi pada ibu yang sedang hamil. Jika hal ini dibiarkan begitu saja tanpa penanganan, maka ibu hamil akan lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit dan tentu hal ini beresiko terhadap janin yang ada di kandungannya.

  1. Dapat menimbulkan keguguran

Dampak buruk yang ditemukan dari ibu hamil yang kekurangan zat besi yaitu terjadinya keguguran. hal ini disebabkan seorang ibu hamil yang kekurangan zat besi memiliki sistem imun tubuh yang lemah. Sehingga akan lebih memudahkan berbagai jenis virus dan bakteri serta infeksi masuk ke dalam tubuh dan rahim.

  1. Membuat kondisi tubuh ibu hamil semakin buruk

Ibu hamil yang semakin buruk biasanya ditandai karena ibu hamil sering kali merasakan lelah meskipun tidak melakukan berbagai jenis aktivitas. Dalam hal ini maka ibu hamil tidak bisa melakukan berbagai jenis aktivitas seperti pada umumnya, meskipun aktivitas tersebut tergolong ringan. Untuk lebih jelasnya, simak https://www.guesehat.com/pentingnya-zat-besi-untuk-kehamilan-dan-mencegah-anemia.

  1. Mengalami masalah selama proses persalinan

Kondisi ibu hamil yang menderita anemia akan seringkali mengalami permasalahan ketika menjelang proses persalinan. Misalnya seperti adanya pendarahan persalinan yang berjalan lebih sulit, bayi yang dilahirkan pun sudah memiliki berat badan yang lebih rendah.

Meskipun Anda menderita anemia ketika pada masa kehamilan tidak perlu khawatir karena Anda bisa segera mengatasinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu konsultasikan kepada dokter, caranya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan layanan guesehat.com.