fase siklus menstruasi

Berikut Ini Siklus Menstruasi Yang Normal

Bagi wanita yang sudah mengalami puber, pada umumnya akan mengalami menstruasi. Namun meskipun demikian, tidak semua wanita mendapatkan haid setiap bulannya. Ada beberapa selalu datang tepat waktu dan yang lainnya tidak bisa diprediksi, yang diakibatkan karena siklus menstruasi wanita berbeda-beda. Pada dasarnya menstruasi ditandai dengan meluruhnya lapisan dinding rahim, sehingga terjadilah perdarahan yang keluar dari vagina. Selain itu juga, pada umumnya siklus menstruasi yang normal rata-rata terjadi setiap 28 hari dan ada pula yang memiliki siklus haid sekitar 25 sampai 35 hari. Dan hal ini terbilang normal, anda akan dianggap memiliki haid yang teratur jika menstruasi datang setiap 23 hari atau setiap 35 hari atau dimana saja di antara rentan waktu ini. Nah, untuk lebih lanjutnya, pada ulasan kali ini akan membahas seputar beberapa siklus menstruasi yang normal:

  1. Gejala Haid Yang Terjadi

Pada dasarnya gejala menstruasi yang terjadi seperti perut kembung, kram pada perut bagian bawah dan punggung, kesulitan untuk tidur, payudara sensitif, muncul jerawat, ngidam makanan, perubahan mood. Tentunya gejala tersebut muncul beberapa hari menjelang haid dan berhenti di hari-hari pertama menstruasi, dari serangkaian gejala di atas masih termasuk nirmal. Tetapi jika terjadi lebih parah dan cenderung mengahambat aktivitas harian (atau bahkan kecenderungan depresi), mungkin menandakan anda memiliki PMDD.

Selain itu juga, jika anda mengalami pendarahan vagina diluar siklus menstruasi, perubahan warna darah menstruasi, keputihan tidak normal, rasa sakit yang amat sangat, serta siklus menstruasi yang tidak teratur di luar penggunaan KB. Maka segeralah periksa ke dokter, dan kemungkinan perubahan siklus tersebut dipengaruhi oleh kondisi medi tertentu.

  1. Warna Darah

Warna darah haid yang normal  pada umumnya akan berwarna merah terang seperti buah ceri ranum, dan meskipun begitu seberapa merahnya akan bervariasi juga antara satu wanita dan wanita lainnya tergantung pada tingkat kekentalan atau volume darah. Warna merah terang biasanya terlihat paling pada hari menstruasi pertama dan kedua, karena darah yang keluar di awal biasanya masih segar dan alirannya cukup deras. Dan untuk hari-hari terakhir mnstruasi, darah yang akan keluar berubah kecoklatan karena ‘usia’ nya yang sudah tua. Atau mungkin saja, darah ini adalah sisa dari siklus menstruasi bulan lalu yang belum keluar sepenuhnya.

  1. Keputihan

Biasanya para wanita yang akan menstruasi, biasanya akan mengalami keputihan beberapa hari sebelum menjelang menstruasi. Keputihan ini sendoro diproduksi oleh leher rahim dan terjadi pada masa subur, cairan keputihan yang keluar menjelang menstruasi normalnya berwarna putih jernih/ bening, tekstur kental dan lengket (lebih cari mendekati masa subur), dan tidak berbau.

  1. Lamanya Waktu Haid

Pada umunya, menstruasi yang normal akan terjadi selama 3 sampai 7 hari. Tetapi, ada beberapa wanita yang mengalami haid selama 2 hari saja. Tentunya ini sangat bervariasi, lamanya waktu haid juga tergantung banyak atau tidaknya darah yang dikeluarkan. Bila terjadi menstruasi selama 2 hari, biasanya darah yang dikeluarkan lebih banyak. Selain itu juga, menstruasi yang tidak kunjung usai bisa disebabkan oleh banyak hal seperti mulai dari pengguna pil KB, adenomiosis, PCOS, penyakit tiroid, hingga berat badab berlebih.

Itulah beberapa siklus mentruasi yang normal yang perlu diketahui, semoga bisa anda jadikan sebagai ilmu pengetahuan.