Beda Generasi X dan Generasi Setelahnya yang Penting untuk Diketahui

Beda Generasi X dan Generasi Setelahnya yang Penting untuk Diketahui

Manusia melakukan perkembangan yang menakjubkan. Mulai dari perkembangan teknologi, perkembangan industri dan perkembangan lain di seluruh aspek kehidupan manusia. perkembangan ini dilakukan untuk lebih memudahkan semua aktivitas dan kegiatan yang dilakukan manusia dalam menjalani kehidupan. Sesuai perkembangan tersebut, jumlah manusia yang ada di dunia juga terus bertambah. Banyak penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dalam melihat permasalahan usia tersebut. Sampai sekarang usia manusia di dunia dibagi menjadi 4 generasi. Generasi pertama disebut dengan generasi baby boomers. Generasi baby boomers adalah masyarakat dunia yang lahir sejak tahun 1946 hingga tahun 1860. Bila dilihat dari tahun kelahiran, berarti generasi baby boomers sudah menginjak usia lanjut dan tidak muda lagi. Setelah generasi baby boomers, lahirlah generasi x. Generasi x lahir sejak tahun 1961 hingga 1980. Generasi x saat ini sudah menjadi orang dewasa sedang melakukan banyak pekerjaan untuk memajukan peradaban dunia.

Setelah generasi x, lahirlah generasi baru yang bernama generasi y. Generasi y lahir sejak tahun 1981 sampai 1995. Generasi ini melahirkan manusia yang saat ini menginjak usia dewasa. Generasi ini akan bersiap menggantikan generasi x untuk memegang kendali perkembangan yang ada di dunia. Kebanyakan manusia yang ada di generasi y saat ini sedang mulai bekerja atau telah menyelesaikan pendidikannya di tatanan sarjana. Setelah itu, dunia dipenuhi juga dengan generasi z atau yang selama ini dikenal dengan sebutan generasi milenial. Generasi milenial adalah mereka yang lahir setelah tahun 1995. Ada banyak sekali perbedaan yang dirasakan antara generasi. Berikut ini penjelasannya.

  1. Generasi y dan generasi z lebih lama menggunakan smartphone bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya

Generasi y dan generasi z merupakan generasi yang lahir di tengah maraknya perkembangan teknologi. Hal ini tentu saja berbeda bila dibandingkan dengan keadaan di mana generasi baby boomers dan generasi x lahir. Itulah mengapa durasi penggunaan smartphone yang dilakukan oleh generasi y dan generasi z lebih lama bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

  1. Media sosial lebih banyak digunakan oleh dua generasi terbaru

Karena lebih lama dalam penggunaan smartphone, generasi y dan generasi z juga terbukti memiliki durasi media sosial yang lebih lama. Mereka menghabiskan waktu lama untuk menjelajahi media sosial dengan menggunakan smartphone yang dimiliki. Inilah salah satu perbedaan yang cukup kentara dengan generasi sebelumnya. Salah satu kekhawatiran yang dimiliki oleh generasi baby boomers dan generasi x adalah kecenderungan generasi setelahnya yang menggunakan smartphone dalam durasi yang lama.

Mereka khawatir produktivitas mereka akan terganggu bila selalu menghabiskan waktu dengan smartphone. Namun, nampaknya kekhawatiran tersebut perlu dihilangkan karena nyatanya menggunakan smartphone tidak mengganggu aktivitas yang perlu dikerjakan, bahkan generasi milenial mengaku merasa lebih produktif dengan menggunakan smartphone untuk melakukan kegiatannya.

  1. Mencari hiburan yang semakin mudah

Generasi baby boomers dan generasi x pasti sudah sangat familiar dengan mencari hiburan yang membutuhkan usaha untuk pergi ke bioskop atau sejenisnya. Namun, nampaknya hal tersebut tidak lagi berfungsi pada generasi setelahnya. Mereka lebih memilih untuk mencari hiburan secara langsung di smartphone atau gawai yang digunakan. layanan streaming yang mudah ditemukan menjadi teman mencari hiburan.

Perbedaan di atas diharap bisa berguna untuk memahami bagaimana karakteristik masing-masing generasi. Dengan memahami hal tersebut, akan semakin banyak pengertian yang diberikan.