Buah Tinggi Serat untuk Anak

Bantu Lancarkan Pencernaan, Ini 6 Buah Tinggi Serat untuk Anak

Buah tak hanya dikenal kaya akan vitamin penting bagi tubuh, namun juga kaya akan serat. Mengingat cita rasanya yang manis, membuatnya sangat cocok dijadikan sumber serat bagi anak-anak. Dengan begini, kebutuhan serat si kecil bakal terpenuhi, sehingga proses pencernaannya pun jadi lancar. Berikut rekomendasi 6 buah tinggi serat untuk anak agar pencernaannya sehat

  1. Apel

Buah yang identik dengan warna merah ini, memiliki kandungan serat yang terbilang tinggi, yakni sebanyak 3.6 gram pada buahnya yang kecil. Anda bisa sajikan apel ini sebagai camilan untuk anak, agar kebutuhan serat hariannya terpenuhi. Agar anak Anda makin semangat mengonsumsi buah apel ini, Anda bisa lumuri apel dengan madu atau selai kacang, sehingga cita rasanya lebih manis.

  1. Pisang

Harganya terjangkau dan kaya akan nutrisi penting bagi tubuh, itulah buah pisang. Buah pisang memang kerap diandalkan untuk mengatasi sembelit, karena kandungan seratnya yang begitu tinggi. Dengan mengonsumsi pisang yang berukuran sedang saja, anak bisa memperoleh sekitar 3.1 gram serat. Teksturnya yang lembut juga bisa dengan mudah dikonsumsi oleh anak.

  1. Pir

Anda juga bisa mencukupi kebutuhan serat si kecil dengan memberinya buah pir. Buah dengan warna kuning pudar ini mengandung sekitar 5.5 gram serat. Tak hanya itu saja, buah ini juga kaya akan kandungan air, sehingga akan membuat anak merasa segar saat mengonsumsinya. Agar terlihat menarik, potong dadu buah pir ini, lalu buat menyerupai sate agar anak semangat menyantapnya.

  1. Pepaya

Sebagian besar orang tentu sudah tahu bahwa pepaya merupakan buah yang kaya serat. Buah ini kerap dikonsumsi, saat seseorang mengalami sembelit. Nah, rasanya yang manis juga bakal disukai oleh anak Anda. Anak akan memperoleh asupan serat sebanyak 1.3 gram dalam setiap 100 gram sajian pepaya yang dikonsumsinya.

  1. Alpukat

Buah berdaging hijau ini juga kaya akan serat, loh! Bayangkan saja, dalam sebuah alpukat terkandung hingga 10 gram serat. Mengingat cita rasanya yang tak terlalu manis, Anda bisa mengombinasikannya dengan madu agar anak tertarik untuk memakannya. Jika menggunakan gula pasir, jangan sampai terlalu banyak ya agar kadar gula anak tak malah meningkat.

  1. Mangga

Buah berwarna hijau dengan cita rasa manis dan asam ini juga bisa diandalkan untuk mencukupi kebutuhan serat harian anak. Dalam 100 gram sajiannya, terkandung serat sebanyak 1.6 gram. Kandungan airnya yang juga lumayan banyak, juga akan mencukupi asupan cairan yang dibutuhkan oleh anak.

Itulah tadi 6 buah tinggi serat untuk anak yang bisa Anda sajikan di rumah. Cita rasanya yang manis, bakal membuat anak Anda tertarik untuk mengonsumsinya. Anda bisa sajikan buah-buahan kaya serat ini sebagai menu sarapan atau pun menu camilan untuk disantap ia sedang bermain atau pun bersantai.