Memilih Mouse untuk PC Gaming

Bagaimana Cara Memilih Mouse untuk PC Gaming yang Sesuai?

Banyak hal yang mempengaruhi skill seseorang dalam bermain game di PC. Salah satunya adalah mouse yang digunakan. Dengan mouse yang benar, bisa saja Anda menang dengan mudah. Nah, untuk mendapatkan mouse untuk PC gaming yang sesuai dengan kebutuhan dan bisa dukung permainan game Anda, Anda bisa terapkan tips ini!

Perbedaan Mouse Gaming dan Mouse Standar

Mouse untuk komputer gaming biasanya disebut dengan mouse gaming. Mouse untuk bermain game ini jelas berbeda dengan mouse standar yang biasa digunakan untuk komputasi sehari-hari. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada sensor pembaca geraknya. Sensor pada mouse gaming biasanya lebih presisi dan memiliki opsi pengaturan DPI.

Tips Memilih Mouse Gaming

Sensor dan opsi DPI atau dot per inch ini akan membudahkan Anda dalam mengarahkan gerak mouse menjadi lebih akurat dan sesuai arahan. DPI juga bisa menjadikan gerakan tangan Anda lebih efisien dalam artian kursor akan bergerak lebih lebar tanpa mengharuskan telapak tangan Anda bergerak banyak.

Bagaimana Cara Memilihnya?

  1. Kenali Dulu Tipenya

Ada banyak tipe mouse gaming yang bisa digunakan pada PC gaming.  Jenis dari mouse ini pada umumnya dibuat berdasarkan kenyamanan Anda ketika menggunakannya dan juga dipengaruhi dari game yang Anda mainkan. Beberapa tipe yang bisa Anda pilih adalah All-Purpose yang memiliki fitur standar dan bisa diandalkan untuk game FPS hingga MOBA.

Selain itu, juga ada Ambidextrous yang didesain khusus untuk mengikuti kontur tangan sehingga akan membuat Anda lebih nyaman ketika menggunakannya. Jenis ini juga nyaman digunakan untuk mereka yang bertangan kidal. Jadi, bisa digunakan oleh siapa saja.

  1. Tingkat DPI

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, perbedaan antara mouse gaming dan mouse standar salah satunya terletak pada DPI. Nah, ketika Anda memilih mouse untuk komputer gaming, pastikan DPI-nya tinggi. Makin tinggi DPI-nya, maka akan makin cepat mouse tersebut bergerak dan makin lembut gerakan yang dibutuhkan untuk mengaturnya.

  1. Lampu Indikator

Lampu indikator dari sebuah mouse gaming sebaiknya juga Anda perhatikan. Lampu ini sangat berfungsi terlebih ketika Anda bermain di ruangan gelap atau yang berpencahayaan kurang. Ini akan memudahkan Anda dalam mengendalikan mouse tersebut. Jadi, pilihlah mouse yang memiliki kerlap-kerlip cahaya sebagai lampu indikatornya.

  1. Sensor Laser Vs Optical

Lalu, hal lain yang harus Anda perhatikan ketika memilih mouse untuk komputer gaming adalah sensor yang digunakan. Secara umum, ada dua jenis sensor yang digunakan mouse gaming. Laser dan optikal. Mouse gaming yang menggunakan sensor optikal harganya lebih murah ketimbang sensor laser.

Hanya saja, untuk spesifikasi, jelas sensor laser menang jauh. Sensor laser memiliki tingkat DPI yang jauh lebih tinggi dibandingkan mouse gaming dengan sensor optikal. Rata-rata, mouse optikal memiliki sensor DPI sebanyak 8.000 DPI. Sedangkan untuk sensor laser, sebanyak 16.000 DPI alias dua kali lipatnya.

  1. Kabel Vs Wireless

Mouse gaming juga terbagi dalam mouse kabel dan mouse wireless. Perbedaannya adalah terletak pada waktu respon. Dewasa ini keduanya memiliki waktu respon yang nyaris sama. Jauh beda dengan beberapa waktu lalu yang mana mouse wireless memiliki waktu respon lebih lama dari mouse kabel sehingga mengganggu permainan game Anda.

Nah, sekarang sudah tahu bagaimana caranya memilih mouse gaming untuk digunakan pada PC gaming yang Anda punya? Tidak terlalu susah, kan? Namun tentu saja Anda tetap harus teliti. Selain itu, baiknya Anda melihat harga dari mouse tersebut. Makin tinggi spesifikasi dari mouse yang Anda pilih, tentu saja harganya akan lebih mahal, ya!