Keuntungan Membeli Rumah Secara Online

7 Keuntungan Membeli Rumah Secara Online

Memiliki rumah adalah kebutuhan bagi semua orang. Apalagi bagi para pasangan baru yang ingin hidup mandiri dan tidak bergantung pada orang tua. Namun, saat ini membeli rumah bukan perkara mudah. Apalagi jika dilihat saat ini harga rumah di mana-mana sudah mahal. Anda harus memiliki tabungan yang cukup untuk bisa membeli rumah masa depan.

Cara membeli rumah sendiri kini sudah berubah dari zaman dulu. Jika dulu anda harus berkeliling untuk mencari rumah yang dijual, kini dunia digital memudahkannya. Anda sudah tidak perlu lagi berkeliling daerah hanya untuk mencari mana rumah yang dijual. Anda bisa menggunakan internet untuk mencari informasi ini. Lantas apa saja keuntungan mencari rumah secara online dengan internet?

Kelebihan Membeli Rumah Lewat Online

Ada banyak keuntungan yang bisa anda rasakan dengan membeli rumah secara online. Keuntungan ini bisa anda dapatkan apalagi jika anda termasuk orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu. Anda bisa dengan mudah mendapat informasi soal rumah tanpa harus kemana-mana. Lantas apa saja keuntungannya?

  1. Hemat Waktu

Bagi anda yang sangat sibuk dengan pekerjaan, membeli rumah secara online bisa menghemat waktu. Anda hanya memerlukan gadget untuk mencari informasi seputar rumah dan tidak perlu pergi ke sana langsung. Hal ini tentu akan menghemat waktu anda yang sangat berharga.

  1. Tidak Perlu ke Mana-mana

Tak hanya menghemat waktu, membeli rumah secara online juga membuat anda lebih leluasa. Anda tidak perlu pergi ke mana pun karena semua bisa diakses lewat internet. Anda tidak perlu berkeliling mencari rumah mana saja yang dijual. Karena hal itu tidak fleksibel dan memakan banyak waktu.

  1. Irit Biaya

Cara ini lebih irit biaya karena anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk bensin saat mencari lokasi rumah yang dijual. Anda tidak membutuhkan uang untuk akomodasi karena semua yang anda butuhkan tersedia di gadget anda. Anda hanya perlu menyediakan kuota untuk mencari informasi.

  1. Bisa Dilakukan di Mana-mana

Seperti penjelasan di atas, keuntungan yang sangat bisa anda rasakan adalah fleksibelnya mencari rumah yang dijual. Anda bisa mencarinya saat di kantor, di rumah, bahkan saat anda sedang di tempat tidur. Kapan pun anda memiliki waktu luang, anda bisa dengan mudah mencari informasi seputar rumah yang dijual.

  1. Bisa Langsung Mencari Lokasi Tertentu

Selain keuntungan di atas, kelebihan lain yang tak kalah menarik adalah filter lokasi. Melalui teknologi yang makin hebat, anda bisa langsung menjurus ke lokasi yang ingin anda tuju. Misalnya anda ingin mencari rumah Pondok Indah. Anda hanya perlu mencari keyword rumah dijual di Pondok Indah.

Dengan keyword itu, anda akan langsung disarankan untuk membuka situs yang khusus memberikan informasi seputar rumah yang dijual di daerah tersebut. Hal itu juga berlaku untuk rumah di daerah lain. Anda tidak perlu lagi memfilter lokasi rumah yang dijual karena mesin pencari sudah memilihkan semunya untuk anda.

  1. Bisa Menyesuaikan Anggaran Dana

Tak hanya lokasi, hal lain yang juga difilter dalam mesin pencari adalah soal harga. Anda bisa langsung merujuk pada harga yang mampu anda beli. Anda bisa menuliskan range harga yang mampu anda beli. Hal ini akan membuat anda lebih mudah mencari rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Jangan sampai anda sudah menyukai sebuah rumah, namun harga yang ditawarkan ternyata jauh dari kemampuan anda. Anda harus memilih rumah yang sekiranya bisa anda beli sesuai dengan uang yang ada.

  1. Bisa Melihat Review

Jika anda bingung dalam memilih rumah karena banyaknya situs, anda bisa melihat review terlebih dahulu. Banyaknya aplikasi atau situs jual rumah memang membuat anda bingung. Namun, kelebihan membeli rumah secara online adalah memiliki akses untuk membaca review. Anda bisa tahu mana situs yang bisa dipercaya dan memiliki review yang baik.

Kekurangan Membeli Rumah dengan Cara Online

Meski cara ini memiliki banyak kelebihan, namun tetap ada juga kekurangannya. Ini karena setiap sistem jual beli memiliki plus minusnya sendiri. Untuk pembelian rumah secara online, berikut beberapa kekurangan yang mungkin anda rasakan.

  1. Tidak Bisa Langsung Melihat Rumah

Kekurangan cara ini adalah anda tidak bisa langsung melihat rumah. Bagaimana bentuk asli rumah, apakah sama persis dengan foto atau tidak. Apakah luasnya sama dengan keterangan atau tidak. Anda harus menyediakan waktu khusus untuk melihat kondisi dari rumah yang sudah anda sukai.

Jika ternyata kondisi asli tidak sesuai, otomatis anda harus mulai lagi mencari rumah yang sesuai dengan keinginan anda. Dan hal itu bisa terjadi selama beberapa kali karena memang mencari rumah bukanlah perkara yang mudah.

  1. Rawan Penipuan

Sebagaimana cara kerja jual beli online, pasti ada saja pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kondisi. Bisa saja ada penipu yang mengaku seorang broker penjual rumah. Jika anda tidak hati-hati, anda bisa saja tertipu. Misalnya mereka meminta uang terlebih dahulu untuk booking padahal setelah dilihat langsung rumah tidak sesuai dengan keinginan.

Untuk itu, anda harus benar-benar hati-hati ketika memilih cara pembelian ini. Anda harus benar-benar memastikan pengembang adalah developer yang terpercaya dan memiliki review yang bagus.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan membeli rumah secara online, anda akan lebih hati-hati dalam mencari rumah hunian. Anda yang ingin membeli rumah Pondok Indah misalnya, anda akan menacri banyak informasi soal rumah dijual di Pondok Indah sebelum akhirnya membeli hunian yang dijual.