6 Ragam Biaya yang Dibutuhkan untuk Bangun Rumah

6 Ragam Biaya yang Dibutuhkan untuk Bangun Rumah 

Untuk dapat membangun rumah impian, Anda harus sudah punya perencanaan yang matang. Hal penting yang sudah harus Anda pikirkan sebelumnya adalah ragam biaya yang dibutuhkan untuk bisa mewujudkan rumah yang telah lama diidamkan. Biayanya itu gak cuma sebatas biaya tukang dan pengadaan bahan saja loh! Berikut ini 6 biaya yang sebaiknya Anda siapkan saat akan bangun rumah.

  1. Biaya untuk Mengurus Perizinan Pendirian Bangunan Rumah

Sebagai seorang warga negara yang taat hukum, Anda perlu mengurus perizinan terlebih dahulu sehubungan dengan rumah yang akan dibangun. Besarnya biaya yang dibutuhkan untuk mengurus IMB atau Izin Mendirikan Bangunan, disesuaikan dengan luas rumah yang dibangun, serta retribusi di tempat tersebut. Dibutuhkan sekitar 25 hari, sebelum akhirnya IMB bisa Anda dapatkan.

  1. Biaya Pengadaan Material

Biaya yang dibutuhkan untuk menyediakan material pembangunan rumah termasuk cukup banyak. Apalagi jika tipe hunian yang akan dibangun juga lumayan besar ukurannya. Anda butuh menyediakan semen, pasir, beton, dan bahan lainnya. Walau pun tak semua harus dibeli di awal, sebaiknya pastikan dana sudah tersedia untuk menghindari mangkraknya pembangunan rumah.

  1. Biaya Jasa Tukang Bangunan

Biaya lainnya yang tak kalah penting untuk Anda siapkan jauh-jauh hari adalah biaya pembayaran jasa tukang bangunan. Anda sebenarnya memiliki dua opsi yaitu memilih tukang bangunan harian atau borongan. Jika dana yang dimiliki belum terkumpul semuanya, ada baiknya memakai jasa tukang harian. Namun, jika dana sudah mencukupi, jasa tukang borongan lebih direkomendasikan.

  1. Biaya Jasa Desain Interior

Sebenarnya, jasa desain interior tak terlalu wajib untuk Anda gunakan. Namun, jika Anda ingin rumah yang dibangun nanti terlihat tertata dengan rapi, ada baiknya jasa desain interior digunakan untuk bangun rumah. Semakin rumit desain yang dibuat oleh desainer interior, maka akan semakin tinggi bayarannya. Jika ingin hemat, Anda bisa mengandalkan kreativitas sendiri dalam mendesain.

  1. Biaya Jasa Arsitek

Jika desainer interior dibutuhkan untuk memperindah bagian dalam rumah, arsitek dibutuhkan jasanya untuk membuat desain rumah yang bisa dilihat dari luar. Untungnya pakai jasa arsitek ini, anggaran yang dibutuhkan membangun rumah bisa disusun dengan sebaik mungkin. Arsitek pun akan menyarankan Anda menggunakan material yang bagus kualitasnya, agar rumah aman dihuni.

  1. Biaya Darurat

Walau semua biaya untuk membangun rumah sudah disediakan, ada baiknya Anda mengalokasikan dana sebagai biaya darurat. Sesuai namanya, biaya darurat ini dapat digunakan nantinya jika ada kejadian tiba-tiba yang membuat Anda butuh dana tambahan dalam membangun rumah. Sebagai contoh, naiknya harga bahan bangunan yang membuat dana awal tak mencukupi.

Sebelum Anda bangun rumah, buatlah dulu anggaran pengeluaran sedetil mungkin. Hitung biaya yang dibutuhkan untuk membayar tukang, membeli material bangunan, atau pun menggunakan jasa para profesional seperti arsitek dan desainer interior. Jika semua dana sudah tersedia, Anda tinggal mencari tukang, arsitek, serta desainer interior untuk membangun rumah di sejasa.com.