5 Makanan yang Harus Dikurangi untuk Mengendalikan Kolesterol

5 Makanan yang Harus Dikurangi untuk Mengendalikan Kolesterol

 Seseorang yang berisiko memiliki kolesterol tinggi di dalam tubuhnya memang harus menjaga diri dengan baik. Seimbangkan gaya hidup Anda dengan pola hidup yang sehat dan kurangilah makan makanan tinggi kolesterol. Anda juga bisa menghentikan mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi agar tubuh bisa melakukan detoks.

Makanan yang Harus Dikurangi

Meskipun beberapa makanan di bawah ini memiliki nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi setidaknya konsumsi makan-makanan di bawah dibatasi. Selain itu, ada pula makanan yang perlu Anda hindari jika memang mengidap kolesterol tinggi. Makanan tersebut antara lain:

1.     Kulit dan Daging Ayam Berlemak

Daging ayam berlemak dan bagian kulit merupakan bagian-bagian pada ayam yang memiliki tingkat kolesterol tinggi. Setiap 100 g daging ayam berlemak, ada sekitar 132 mg kandungan kolesterol pada kulit ayam.

Jika Anda sedang melakukan program pengurangan kadar kolesterol tetapi tetap ingin makan daging ayam, pilihlah bagian daging yang tidak ada lemak yaitu bagian dada. Pilih pula ayam kampung yang tidak banyak mengandung lemak. Kalori dalam ayam kampung juga lebih rendah dari ayam broiler.

Bagi pengidap kolesterol tinggi, kurangilah mengonsumsi ayam goreng. Minyak dalam gorengan bisa menimbulkan lemak jenuh yang merupakan sumber dari peningkatan kolesterol jahat. Apabila Anda ingin mengonsumsi ayam, Anda bisa merebus atau memanggangnya agar kandungan nutrisinya tetap bermanfaat untuk tubuh.

2.     Kuning Telur

Telur sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun, konsumsi telur sebaiknya dibatasi agar Anda mendapat gizi yang seimbang dan maksimal.

Satu butir telur ayam mengandung setidaknya 185-200 mg kolesterol. Meski Anda tidak rentan terhadap penumpukan kolesterol, Anda sebaiknya membatasi mengonsumsi telur ini setidaknya tiga kali saja dalam sepekan, terutama jika Anda suka dengan kuning telur.

Bagi pengidap kolesterol tinggi, Anda sebaiknya menghindari kuning telur yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. Pengidap kolesterol tinggi tetap bisa makan telur, asal dibatasi.

3.     Jeroan dan Otak

Jeroan dan otak sapi atau kambing terkadang sangat lezat jika dimasak dengan benar. Tetapi, jeroan dan otak memiliki lemak yang sangat tinggi, apalagi jika dimasak menggunakan santan. Meskipun memiliki kandungan nutrisi, bagi pengidap kolesterol tinggi kedua bahan makanan ini sebaiknya dihindari. Hal ini karena kandungan kolesterol jeroan dan otak sapi atau kambing sangat tinggi. Setidaknya terdapat 3100 mg kolesterol dalam otak sapi.

4.     Daging Berlemak

Daging merah dari sapi, kambing, atau domba sebenarnya memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh seperti mengandung zat besi, sumber vitamin B, kalsium, dan juga vitamin K untuk proses pembekuan darah.

Namun, jika Anda mengonsumsi daging merah dengan lemak yang tinggi terlalu banyak, tingkat kolesterol pada tubuh Anda akan meningkat dengan cepat karena daging merupakan makanan tinggi kolesterol. Untuk mengolah daging merah, Anda sebaiknya menghilangkan lemak-lemak yang ada pada daging atau memilih bagian dengan lemak yang rendah.

5.     Butter, Krim Kocok, dan Keju

Butter, krim kocok (whipped cream), dan keju merupakan produk susu yang memiliki kolesterol tinggi. Anda bisa membatasi atau mengganti penggunaan butter dengan butter dari nabati seperti butter biji bunga matahari atau keju vegan yang berasal dari kacang-kacangan.

Untuk gaya hidup sehat, Anda bisa mengendalikan konsumsi makanan tinggi kolesterol dengan cara menguranginya. Kemudian, sedikit demi sedikit menggantinya dengan makanan yang lebih sehat.