4 Rekomendasi Mainan Edukatif untuk Anak Perempuan

4 Rekomendasi Mainan Edukatif untuk Anak Perempuan

Anak laki-laki bisa memiliki mainan anak perempuan, begitu sebaliknya. Namun, perbedaan jenis mainan yang disukai memang sesuai dengan karakter anak laki-laki dan perempuan. Anak perempuan umum menyukai mainan yang lebih feminim. Hal paling penting dalam memilih mainan adalah memiliki fungsi meningkatkan perkembangan kecerdasan dan psikis anak. Jika Anda mendapati ciri mengandung anak perempuan sejak awal kehamilan, maka tidak ada salahnya memilih rekomendasi mainan edukatif untuk anak perempuan.

Mainan anak perempuan usia balita

Anak perempuan usia bawah lima tahun masih suka jenis mainan yang bersifat hiburan. Sebagai orangtua yang baik, Anda bisa memberikan mainan edukatif yang bisa meningkatkan kemampuan si kecil dari segi berpikir, komunikasi, sosialisasi dengan teman, menyelesaikan masalah, dan manfaat lain. Yuk, ketahui 5 jenis mainan anak perempuan usia balita berikut ini!

1.     Peralatan memasak

Anak perempuan lebih suka dengan jenis mainan masak-masak. Biasanya anak perempuan memang suka mengamati dan membantu sang ibu di dapur. Anda bisa membelikan satu set peralatan memasak yang berfungsi mengenalkan peralatan dapur, mengenal buah dan sayuran serta mengajarkan cara memasak yang benar.

2.     Boneka

Pada usia diatas 3 bulan saja, anak-anak memang suka pada boneka sebagai media meremas, menyentuh dan menggenggam benda. Jika Anda sudah mendapati ciri mengandung anak perempuan yang ditandai perut melebar ke samping, maka bisa membeli boneka untuk si kecil.

Boneka juga bisa menjadi wadah kreatif anak dalam belajar kosakata, komunikasi dan sosialisasi bersama teman. Anda bisa meluangkan waktu untuk bermain peran dengan boneka. Tak hanya meningkatkan komunikasi anak, bermain peran bisa menjadi permainan yang mendekatkan hubungan orangtua dan anak.

3.     Lego

Mainan lego bisa membuat anak perempuan berpikir kreatif, memecahkan masalah, dan meningkatkan daya imajinasi. Biarkan anak Anda membangun bentuk apa saja dari lego sesuai imajinasi mereka.

4.     Congklak

Pada anak usia lebih besar minimal 4-5 tahun, Anda bisa mengenalkan si kecil pada congklak. Meski tergolong mainan tradisional alias klasik, congklak bisa menjadi metode mainan edukatif paling bagus.

Anda bisa mengajak anak belajar penghitungan, menguji kesabaran, menerima tantangan menang dan kalah, menciptakan strategi kemenangan, serta manfaat seru lain. Tak hanya bisa dimainkan bersama orangtua, congklak merupakan jenis mainan yang bisa dimainkan bersama teman dekat.

Beberapa mainan edukatif di atas bisa menjadi pilihan Anda yang ingin mengembangkan kemampuan si kecil. Sebaiknya pilih mainan yang sesuai dengan perkembangan usia anak agar Anda bisa mengoptimalkan kemampuan berpikir mereka. Pastikan pula Anda memilih mainan yang terbuat dari material aman dan SNI untuk meminimalisir risiko tidak terduga. Jika Anda sudah tahu ciri mengandung anak perempuan, segera beli jenis mainan yang bisa mengasah dan meningkatkan kecerdasan anak kelak, ya!