4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Makanan Kucing Sendiri

4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Makanan Kucing Sendiri

Makanan untuk kucing memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kucing dan juga bulunya. Makanan kucing yang bikin gemuk dan bulu bagus memiliki komposisi yang seimbang antara vitamin, mineral, omega 6, dan omega 3. Untuk mendapatkan kandungan-kandungan tersebut, Anda bisa membeli pakan yang mengandung keempat nutrisi itu atau membuatnya sendiri.

Membuat Pakan Kucing Rumahan

Pakan kucing bisa dibuat sendiri. Namun, sebaiknya Anda harus berhati-hati memberikan pakan bagi kucing anda. Di bawah ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan apabila Anda ingin mencoba membuat pakan kucing sendiri di rumah, yaitu antara lain:

1. Perhatikan Komposisi

Ketika membuat makanan kucing sendiri, komposisi harus diperhatikan. Kucing merupakan hewan yang membutuhkan protein hewani dan lemak yang imbang. Protein dan lemak ini bisa didapatkan dari daging atau ikan.

Belilah ikan dan ayam yang segar dan tanpa bahan pengawet. Sebaiknya masak daging terlebih dahulu pada suhu tertentu, seperti dikukus atau direbus. Cara ini untuk membunuh bakteri di dalam daging.

Komposisi makanan kucing buatan sendiri sebaiknya juga memperhatikan sumber vitamin dan mineral. Anda bisa mencampurkan vitamin ke dalam pakan kucing buatan sendiri.

2.     Campur Dengan Makanan Kering

Jika Anda ingin membuat pakan kucing sendiri tetapi belum memahami perbandingan untuk vitamin dan mineral, Anda bisa mencampurkan makanan basah buatan sendiri dengan makanan kering yang sudah jadi.

Makanan kering yang baik mengandung nutrisi yang kucing butuhkan, misalnya taurine. Zat ini sangat penting untuk kucing karena menjaga kesehatan mata, mengendalikan gula dalam darah, mencegah obesitas, dan membantu dalam pencernaan lemak. Makanan kering telah diolah dan memiliki nutrisi sehingga menjadi makanan kucing yang bikin gemuk dan bulu bagus.

Untuk keseimbangan antara kebutuhan protein, lemak, mineral, dan vitamin, Anda sebaiknya mencampurkan antara makanan basah dengan makanan kering. Selain itu, mencampurkan makanan bisa mencegah kucing bosan pada tekstur makanannya.

3.     Memilih Bahan yang Tidak Berbahaya

Tidak semua bahan makanan bisa dikonsumsi oleh kucing. Ada beberapa bahan makanan yang justru beracun dan berbahaya apabila termakan oleh kucing Anda. Makanan yang berbahaya ini menyebabkan kucing diare, kejang, gagal ginjal, bahkan kematian.

Hindari memberikan bawang putih dan bawang bombai pada kucing karena bisa menyebabkan anemia. Telur mentah juga berbahaya karena kucing bisa keracunan. Hati ayam atau sapi lebih baik tidak diberikan terlalu sering dan banyak karena bisa menyebabkan keracunan vitamin A. Terlalu banyak memberikan hati ayam atau sapi akan menyebabkan kucing mengalami osteoporosis.

4.     Konsultasi dengan Dokter Hewan

Anda bisa berkonsultasi pada dokter hewan terlebih dahulu apabila ingin membuat makanan kucing sendiri. Rutinlah untuk ke dokter hewan untuk pengecekan kesehatan kucing setidaknya dua kali dalam setahun atau pada saat kucing membutuhkan perawatan khusus.

Makanan kucing yang bikin gemuk dan bulu bagus didapatkan dari makanan lengkap serta seimbang antara gizi dan nutrisi. Berikanlah makanan seimbang agar kucing Anda selalu sehat.