4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asuransi Jiwa

4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah salah satu pilar keuangan pribadi, yang patut dipertimbangkan oleh setiap rumah tangga. Penulis bahkan melangkah lebih jauh dengan mengatakan itu penting bagi kebanyakan orang. Namun, terlepas dari penerapannya yang hampir universal, masih ada banyak kebingungan, dan bahkan skeptisisme, mengenai asuransi jiwa.

Untuk membantu Anda mengetahui hal – hal apa yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk mengambil asuransi jiwa terbaik, berikut ini adalah 5 hal yang benar-benar perlu Anda ketahui tentang asuransi jiwa:

1. Jika ada yang mengandalkan Anda secara finansial, Anda memerlukan asuransi jiwa.

Ini sebenarnya wajib jika Anda adalah pasangan atau orang tua dari anak-anak tanggungan. Tetapi Anda juga mungkin memerlukan asuransi jiwa jika Anda adalah mantan pasangan, pasangan hidup, anak dari orang tua tanggungan, saudara kandung orang dewasa yang tergantung, karyawan, majikan atau mitra bisnis.

Jika Anda pensiun secara stabil atau mandiri secara finansial, dan tidak ada yang akan menderita secara finansial jika Anda tidak berpenghasilan tetap lagi, maka Anda tidak memerlukan asuransi jiwa. Namun, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan asuransi jiwa sebagai alat keuangan strategis.

2.  Asuransi jiwa tidak hanya menerapkan nilai moneter pada kehidupan seseorang.

Alih-alih, itu membantu mengkompensasi konsekuensi keuangan yang tak terhindarkan yang menyertai hilangnya nyawa. Secara strategis, ini membantu mereka yang tertinggal menutupi biaya pengeluaran akhir, hutang dan hipotek yang terutang, biaya pendidikan yang direncanakan dan pendapatan yang hilang.

Tetapi yang paling penting, setelah kematian yang tak terduga, asuransi jiwa dapat mengurangi beban keuangan pada saat anggota keluarga yang masih hidup berhadapan dengan kehilangan orang yang dicintai.

Selain itu, asuransi jiwa dapat memberikan ketenangan pikiran yang berharga bagi pemegang polis. Itulah sebabnya asuransi jiwa sangat penting untuk Anda yang memiliki tanggungan untuk menghidupi dan membiayai keluarga.

3. Asuransi jiwa adalah kontrak (disebut polis)

Polis adalah kontrak antara perusahaan asuransi jiwa terbaik dan seseorang (atau kadang-kadang sesuatu , seperti perwalian) yang memiliki kepentingan finansial dalam kehidupan dan mata pencaharian orang lain.

Perusahaan asuransi mengumpulkan premi dari pemegang polis dan membayar klaim – disebut manfaat kematian – jika terjadi kematian. Perbedaan antara premi yang diambil dan klaim yang dibayarkan adalah laba perusahaan asuransi.

4. Menentukan polis asuransi jiwa yang optimal untuk Anda tidak harus rumit

Walaupun kita dapat benar-benar terperinci dengan analisis kebutuhan asuransi jiwa yang terperinci, lebih penting untuk menyiapkan sesuatu yang dapat Anda pahami daripada mendorong keputusan penting karena kompleksitas intimidasi asuransi jiwa.

Dalam sebagian besar situasi, sebuah rumah tangga akan dirawat dengan baik hanya dengan membeli asuransi jiwa terbaik yang cukup untuk mereplikasi semua atau sebagian besar pendapatan tertanggung untuk jangka waktu selama rumah tangga mengharapkan untuk membutuhkan pendapatan itu.

Karena itu, pertimbangkan strategi sederhana namun efektif ini untuk menentukan berapa banyak asuransi jiwa yang dibutuhkan rumah tangga Anda.