Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Mudik Dengan Test Drive

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Mudik Dengan Test Drive

Pada saat membeli mobil untuk mudik, ada banyak hal yang harus anda perhatikan. Apalagi dana yang anda miliki terbatas. Tentunya anda ingin membeli mobil berkualitas dengan harga yang murah. Salah satu tips membeli mobil bekas untuk mudik adalah dengan test drive. Dengan melakukan test drive, anda bisa tahu kondisi mobil sebenarnya. Entah itu membeli mobil bekas atau mobil baru diwajibkan untuk test drive. Sebenarnya pada saat test drive, apa saja yang harus anda cek kondisinya. Berikut ini penjelasannya.

Kondisi Eksterior Mobil

Kondisi eksterior mobil meliputi body dan tampilan luarnya. Untuk mobil baru mungkin tidak perlu memperhatikan kondisi eksteriornya. Tetapi untuk mobil bekas, cek kondisi eksteriornya dengan teliti. Ada bagian yang lecet atau tidak, mobil pernah mengalami kecelakan atau tidak dan lainnya. Pastikan anda tidak perlu mengganti suku cadangnya. Lihat apakah mobil tersebut pernah dicat ulang atau tidak. Periksa juga bagian knalpotnya, pernah diganti atau tidak. Untuk mobil baru, anda hanya perlu cek kelengkapan dan kondisi sesuai spesifikasi.

Cek Kondisi Mesin

Selanjutnya cek kondisi mesinnya. Untuk mobil bekas, coba cek apakah ada noda oli atau tidak. Bila anda mungkin ada kebocoran di mesin. Anda bisa menyalakannya dan dengar suara mesin. Suara mesin yang baik, terdengar halus tidak berisik. Coba nyalakan mesin selama 5 menit lalu matikan. Selang beberapa menit nyalakan kembali. Bila suaranya konstan, berarti kondisi mesinnya baik. untuk mobil baru, anda hanya perlu cek kondisi mesinnya saja. Tidak perlu sampai teliti dan melihat kondisi kebocoran.

Kondisi Interior Mobil

Pada saat test drive, anda harus memperhatikan tips membeli mobil bekas murah untuk mudik yang satu ini. Cek kondisi interior mobilnya. Anda bisa melihat fitur yang terdapat didalamnya. Masih dalam kondisi baik atau tidak.seperti ac, musik player, dashboard, sistem audio, sensor parkir dan lainnya. Cek semua fitur yang terdapat di mobil tersebut. Untuk mobil bekas, anda bisa cek berapa jarak tempuh mobil tersebut. Untuk mobil baru anda bisa cek kenyamanan tempat duduk dan luas kabin. Sesuai dengan yang anda inginkan atau tidak. Jangan lupa untuk mencoba fitur yang terdapat di dalam interior mobil.

Uji Coba Di Jalanan

Bila sudah cek kondisi mobil secara keseluruhan, barulah uji coba mobil di jalanan. Untuk mobil baru, ada beberapa dealer yang menyediakan mobil untuk test drive. Jadi bisa dicoba langsung di jalanan. Untuk mobil bekas pun, harus anda coba langsung dijalanan. Dengan mencoba langsung, anda bisa tahu kondisinya.

Coba dibawah di berbagai kondisi jalananya. Pihak dealer, biasanya memberikan waktu 30 menit untuk test drive, itulah sedikit informasi tentang tips membeli mobil bekas murah untuk mudik. Semoga bermanfaat.