Qurban Secara Online Ini Hukum dan Manfaatnya

Qurban Secara Online? Ini Hukum dan Manfaatnya

Ibadah qurban sebentar lagi akan Anda laksanakan. Lantas masih kebingungan akan melakukan qurban di mana? Terlebih bagi Anda yang belum sempat survei harga sapi qurban. Anda tidak perlu menunda melakukan qurban karena Anda bisa melakukan qurban secara online dengan memilih tempat yang telah terpercaya. Berikut hukum dan manfaatnya.

Apa Hukum Melakukan Qurban Secara Online?

Ibadah qurban merupakan ibadah sunnah yang diwajibkan bagi Anda yang sudah memiliki kemampuan dalam membeli hewan qurban. Lantas pendapat lain mengatakan hukum ibadah qurban adalah sunnah mu’akkadah yaitu sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Anda yang telah baliqh dan memiliki kemampuan bisa sesegera mungkin melaksanakan ibadah qurban sebagai bentuk taqwa kepada Allah. Anda dapat memilih hewan qurban yang diinginkan dan di Indonesia hewan qurban yang digunakan yaitu sapi dan kambing.

Jika Anda belum menyanggupi melakukan qurban satu ekor sapi dengan 7 orang anggota keluarga. Anda bisa melakukan qurban dengan seekor kambing yang biayanya lebih terjangkau. Anda juga bisa melakukan qurban sapi secara kelompok. Anda bisa menentukan sesuai dengan kebutuhan dan mana yang baik menurut Anda selama sesuai dengan syariat islam.

Qurban Secara Online Ini Hukum dan Manfaatnya

Anda dapat melakukan qurban di masjid terdekat atau di sebuah instansi tempat Anda bekerja yang melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Anda juga bisa melakukan qurban secara online. Tidak ada larangan untuk melakukan qurban secara online. Anda hanya tinggal mencari tempat qurban secara online yang terpercaya dan memiliki sertifikasi.

Qurban yang Anda lakukan dinyatakan sah selama hewan qurban yang digunakan baik sapi atau pun kambing telah memenuhi syarat sah hewan qurban. Syaratnya yaitu telah cukup usia dengan sapi berusia lebih dari 22 bulan. Hewan qurban tidak memiliki cacat dan dalam keadaan sehat. Anda dapat melihat dokumentasi dari hewan qurban sebelumnya.

Apa Manfaat Melakukan Qurban Secara Online?

Anda akan mendapatkan keuntungan dari segi waktu yaitu Anda tidak memerlukan waktu banyak untuk melakukan pembelian hewan qurban. Anda dapat memilih bobot hewan qurban sesuai dengan standar dan harga dari biaya yang Anda miliki.

Manfaat dari daging qurban nantinya yang akan dibagi-bagikan tempat pada sasarannya yaitu akan diberikan pada umat muslim yang berhak. Pemberiannya akan mendunia dengan melihat kondisi dari negara yang paling membutuhkan, misalnya seperti palestina. Anda dapat berbagi secara lebih luas antar sesama umat muslim.

Pemberian yang akan dilakukan lebih utama kepada penduduk miskin, daerah yang mengalami kekurangan pangan, dan daerah yang terkena bencana. Seluruh daging qurban Anda akan diberikan kepada mereka tanpa Anda mengambil bagian sehingga menjauhkan Anda dari sifat tamak. Manfaat qurban secara online akan mendapatkan tingkat keikhlasan yang lebih tinggi.

Manfaat yang akan Anda rasakan dengan qurban secara online sama dengan qurban yang dilaksanakan di masjid tempat tinggal Anda. Menumbuhkan rasa toleransi antar sesama dan rasa saling peduli. Anda jelas akan mendapatkan manfaat bertambahnya keimanan dan rasa syukur terhadap rezeki dan hidup yang Allah berikan.

Harga sapi qurban online akan lebih stabil tanpa adanya perubahan harga yang melonjak secara tiba-tiba. Anda juga bisa memiliki peluang untuk mendapatkan diskon atau atau  harga tertentu yang berlaku di website jual hewan qurban secara online. Anda hanya perlu melihat testimoni dari tahun sebelumnya atau dokumentasi dari pengadaan qurban yang pernah dilakukan.