4 Hal yang Tak Boleh Dilakukan dalam Membuat Dapur Minimalis

4 Hal yang Tak Boleh Dilakukan dalam Membuat Dapur Minimalis

 Anda sedang merancang rumah termasuk bagian dapur? Salah satu model dapur yang bisa Anda pilih untuk mengatasi keterbatasan lahan dan dana adalah model dapur minimalis. Dapur ini memang memiliki ukuran yang kecil, namun sangat bermanfaat untuk Anda yang terbiasa memasak asal terbiasa dengannya.

Tentu saja, agar Anda jadi terbiasa, ada baiknya Anda mendesain dapur ini dengan sebaiknya. Ada banyak model yang bisa Anda pilih. Tapi, sebelum Anda menentukan model mana yang pas untuk dapur Anda, ada baiknya Anda tahu beberapa hal yang tak boleh Anda lakukan atau lupakan ketika mendesain dapur berbentuk minimalis ini. Apa saja?

  1. Keterbatasan Penyimpanan

Hal yang pertama yang tak boleh Anda lupakan dalam mendesain dapur yang minimalis adalah keterbatasan penyimpanan. Meskipun Anda mendesain dapur yang kecil, bukan berarti Anda harus meminimalisir semua hal di dapur. Ada hal yang tak boleh Anda kurangi, salah satunya adalah keterbatasan penyimpanan.

Jangan kira dapur yang kecil membutuhkan tempat penyimpanan yang kecil juga. Malah sebaliknya, dapur yang kecil butuh tempat penyimpanan yang besar jika Anda tak ingin dapur terlihat berantakan. Untuk itu, Anda harus selalu menyiapkan kabinet yang memadai untuk desain dapur minimalis Anda. Kabinet ini bisa ditanam di dinding, bisa juga di bawah meja.

  1. Desain Dapur Tanpa Area Kerja

Kesalahan lain yang tak boleh Anda lakukan ketika mendesain dapur minimalis adalah desain dapur yang tak memiliki area kerja yang fleksibel. Padahal, area kerja yang mencukupi adalah kunci dari kenyamanan Anda selama di dapur. Anda bisa menciptakan area kerja berbentuk sink untuk menghemat tempat.

Di sini, Anda bisa menjadikan area kerja sebagai area mempesiapkan bahan makanan dan beberapa kegiatan lain seperti memasak di microwave dan lainnya. Fleksibiltas dari area kerja ini akan mempermudah Anda dalam beraktivitas di dapur. Anda tak harus ribet memasak dengan tempat yang kecil bila area kerja itu sendiri bisa digunakan untuk apa saja.

  1. Terlalu Banyak Peralatan di Dapur

Kesalahan lain yang juga sering terjadi adalah terlalu banyak peralatan yang ada di dapur Anda. Padahal, dapur Anda yang minimalis tak memerlukan itu semua. Jika ini terjadi, kesan minimalis dalam dapur Anda malah akan memudar. Untuk itu, saat Anda mendesain dapur ini, pilihlah barang atau peralatan dapur mana saja yang Anda perlukan.

Pilih peralatan dapur yang paling utama dan beberapa peralatan lain yang dibutuhkan saja untuk ditaruh di dapur. Peralatan yang tak penting atau jarang digunakan, bisa Anda letakkan dalam kabinet saja. Ini akan memberikan sedikit space pada Anda dan memperindah penampakan dapur Anda juga.

  1. Warna yang Monoton

Masalah warna ternyata juga mempengaruhi dapur Anda. Warna yang monoton akan terlihat membosankan dan tak menarik. Warna yang terlalu banyak juga tak bagus untuk dapur Anda. Oleh sebab itu, Anda bisa memilih satu dua warna untuk menghiasi dapur. Jangan warna yang terlalu gelap karena akan menciptakan kesan ruang yang sempit.

Nah, sudah tahu kan apa saja yang tak boleh dilakukan saat Anda mendesain dapur minimalis? Oleh sebab itu, Anda tak boleh asal dalam mendesainnya. Bila Anda belum mampu atau butuh bantuan dalam mendesain ruang dapur, bisa minta bantuan Arsitag saja. Ada banyak jasa profesional untuk desain interior dan eksterior yang bisa Anda sewa.